Jaguar XF 10, si Kucing dengan kecepatan Formula One

0

Pakar SEO Kucing yang satu ini larinya bakal lebih dahsyat dibanding kucing piaraan rumah lain. Digerakkan oleh mesin 10 silinder, 7.000cc, ia jadi mirip mobil formula satu.

Lebih Dari Piaraan Rumah

Satu dari enam produk hasil pengembangan rumah disain Fuore adalah Jaguar XF 10. Mobil yang tubuhnya sarat akan pahatan halus berbentuk otot ini sosoknya mirip Subaru B11S, yang pernah kami tulis beberapa edisi lalu. Memang kenyataannya demikian, sebab antara Subaru dan rumah disain Fuore memiliki hubungan cukup akrab, dimana disain Subaru B11S yang dibuat oleh disainer mudanya, Yoji Takena serta mendapat sentuhan juga dari Andreas Zapatinas, dikembangkan di rumah disain Fuore International. Oleh karena itu, hampir 90% pahatan tubuh Jaguar XF 10 mengacu pada Subaru B11S.

Baca juga :  Nissan X-Trail, Mobil Suv Paling Tangguh dan Nyaman

Orang yang berada di balik Jaguar XF 10 adalah Erwin Himmel, lelaki berkebangsaan Austria lulusan Universitas Graz jurusan arsitektur, serta lulusan dari sekolah seni Royal College di London, jurusan disain kendaraan. Himmel membuat Jaguar XF 10 dengan tujuan agar pabrikan `kucing hutan` ini dan juga dirinya dapat keluar dari bayang-bayang Ferrari, Mercedes, BMW, Lamborghini, serta Porsche. Untuk itu pilihan menampilkan XF 10 dinilai tepat untuk bersaing dengan sportscar hasil produksi pabrikan-pabrikan tersebut.

Seperti pada produk Jaguar lain, nama XF pun memiliki arti khusus. Huruf X diambil dari mobil racing 2 seater Jaguar seperti XK 150, atau X-type. Sedangkan huruf F diambil dari nama ajang balapan Formula 1, dimana Jaguar ikut turun di dalamnya. Sementara angka 10 yang ada di bagian belakangnya mengandung arti banyaknya silinder yang dipakai mobil ini, yaitu 10 silinder. Atau lengkapnya `kucing liar` ini memakai mesin 10 silinder seperti yang dipakai pada mobil balap Formula 1. Mesin tersebut berkapasitas 7.000cc dengan kemampuan memproduksi tenaga hingga 640tk. Kecepatan maksimumnya sebesar 336km/jam dan akselerasi 0-100km/jam ditempuh hanya dalam 3,8detik. Cukup hebat bukan!!

Seluruh pahatan tubuh Jaguar XF 10 dibalut bahan serat karbon yang ringan. Oleh karena itu, bobotnya kurang dari 1,5kg. Atap panorama yang lebar turut memberi kesan mewah pada disainnya. Apalagi pada atap itu terdapat kamera kecil untuk melihat kondisi sekitar jalan.

Pelek ukuran 21inci bermotif 6 palang terasa pas menjadi teman dalam perjalanannya. Untuk pengendalian di jalan penggunaan rem Brembo 6 piston rasanya bisa menahan kedahsyatan laju lari kucing ini.

Untuk interiornya, Himmel tak main-main. Ruang pengendaliannya saja sudah terpasang televisi besar guna melihat gambar yang disalurkan lewat kamera kecil yang ada di atap. Lalu transmisinya diatur lewat roda kemudi semodel mobil Formula 1. Untuk kursi, Himmel menggunakan bucket seat Momo yang dilengkapi seat belt pada keempat titik. (Sujarwo B)

Leave A Reply

Your email address will not be published.