Terinspirasi 2 Legenda, Studio Torino Luncurkan RK Spyder dan RK Coupe
Terinspirasi 2 Legenda, Studio Torino Luncurkan RK Spyder dan RK Coupe

Zulfirman.com – Sedikit memperkenalkan, Studio Torino adalah produsen kendaraan asal Italia yang khusus memproduksi sedan sport dengan menggunakan keterampilan tangan (handicraft). Lahir di Turin, 1 Januari 2005, Studio Torino memulai debutnya dengan memproduksi dua sedan sports yaitu RK Spyder dan RK Coupe.

Khusus untuk RK Cupe, adalah varian sedan sports kedua yang dihasilkan oleh Studio Torino bekerja sama dengan RUF Automobile. Nama terakhir adalah yang membangun semua sistem mekanis, performa, dan semua teknologi yang terdapat pada sedan dua pintu ini. Menilik sosoknya dari bagian luar, akan sangat terasa aroma sebuah sedan sport sejati.

Unsur alumunium yang terdapat pada tutup tangki bahan bakar dan muffler adalah dua hal yang menambah kesan dinamis. Goresan cat di bagian spatbor depan dan sentuhan pernis yang mengkilap adalah bagian dari filosofi Studio Torino. Mengambil inspirasi dari dua sedan sports legendaris yakni Porsche 904 dan Ferrari Dino GT 246, RK Cupe memperlihatkan sebagai sebuah sedan sports klasik namun berkesan futuristik.

Artikel Menarik lainnya : Nissan X-Trail, Mobil Suv Paling Tangguh dan Nyaman

Ada hal unik yang terdapat pada mobil handicraft ini, yaitu konsumen di perbolehkan memilih jenis konfigurasi mesin yang dikehendakinya atau disesuaikan dengan kebutuhan konsumen. Sebagai jantung dari sebuah kendaraan RK Cupe menyediakan tiga jenis pilihan mesin, yaitu aspirated engine, injector engine, compressor engine, dan turbo engine.

Mengambil contoh compressor engine 3.6 liter, mesin ini mampu mengeluarkan tenaga puncak sebesar 440 tk di putaran rpm 7.000, sementara torsi maksimumnya adalah 501,4 Nm di rpm 5.500. Minurut pihak mereka, akselerasi dari 0 – 100 km/jam hanya dibutuhkan waktu 4,3 detik, sementara 0 – 200 km/jam waktu yang dibutuhkan adalah 13 detik. Studio Torino mengatakan, kecepatan maksimum yang mampu diraih oleh sedan sport ini melebihi 300 km/jam.

RUF Automobile sebagai pencipta mesin mengklaim, konsumen akan merasaka tenaga dan torsi yang dihasilkan oleh mesin ini di setiap putaran rpm. Ini berkat basis dari mesin kompresor yang memadukan antara kompresor sentrifugal dengan planetary gearbox, yaitu sebuah mekanikal turbocharger yang di gerakkan oleh Poly-Rip Belt. Dorongan (boost) maksimumnya adala 0.7 bar. RUF jugalah yang merancang intake manifold, memodifikasi injector, sports catalic converters, dan memodifikasi electronic management system.

Mobil ini akan diproduksi dengan jumlah yang sangat terbatas, itu pun berdasarkan pesanan. Hingga saat ini, RK Cupe telah di pesan sebanyak 49 unit, dan baru akan kembali di produksi jika memang terdapat pesanan. Siapa yang tertarik?

Berkomentar yang Sopan di bawah ini 🙂

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here