Pentingnya Product Knowledge dalam Berbisnis

371

Zulfirman.com – Mengetahui secara rinci terkait produk yang akan kita jual memang sangat penting dan merupakan salah satu langkah awal baik bagi owner maupun bagi calon CS yang akan memasarkan barang. Apa kelebihannya, kekurangannya, bahannya dari apa, dan detail lainnya…

Studi Kasus Product Knowledge Mesin Photo Copy

Sebagai contoh,,,
Sabtu kemarin ane mendatangi klien SEO yang menjual mesin photo copy di medan. tiba-tiba ada seorang bapak-bapak yang sedang mencari mesin photo copy untuk dipakai di kantornya yang berada di Toba Samosir.

Dia mencari mesin merk Canon, namun oleh klien ane ini, malah ditawarkan merk Fuji Xerox dengan alasan…..

“Kalau mesin Canon, lebih susah perawatannya, dan Canon juga punya saluran pembuangan yang harus selalu dibersihkan. tidak semua orang bisa melakukan maintenance tersebut.”

“Nah, sementara Fuji Xerox juga mesin yang bagus, dengan hasil cetak juga ga kalah dari canon. Tanpa “pawang” pun juga aman-aman saja. Fuji Xerox sangat cocok bagi yang memang berada di daerah kota kecil karena minim perawatan, jadi ga harus sering panggil service dari luar kota, dan ga ada pembuangan seperti Canon tsb.”

Alhasil, closing juga mesin Photocopy seharga Rp.22.000.000,- (udah termasuk pajak).

Studi Kasus Product Knowledge Penjual Laptop

Contoh lainnya,, penjual laptop, jika dia ga menguasai product knowledge, dia ga akan mengerti apa kelebihan laptop Asus yang sudah menggunakan VGA Ati Radeon dibandingkan laptop Acer yang masih menggunakan VGA Intel
dengan studi kasus :
– sama2 processor corei5
– sama2 besar Ram nya
– sama2 slim body nya.

Satu yang masih ane ingat sewaktu membeli laptop, selain terkait VGA tadi, juga processor, ram, dan bentuk slim yang ringan tentunya, ane masih ingat kata-kata penjual laptop Dell yang ane pakai, chasingya anti gores meskipun kena pisau, berbeda halnya dengan merk acer yang jika sudah sekian tahun pasti sudah banyak goresan di sana sini.

Nah ini alasan terakhir ane membeli tuh laptop yang hingga sekarang tetap dipakai buat jasa seo medan.. hehehe

Studi Kasus Product Knowledge Reseller Hosting

Contoh lain,,, bagi pemula reseller hosting,,
Jika ga tahu bagaimana spek servernya, dan apa itu wp-robot, apa itu agc, dia ga akan terjebak dan kena komplein pelanggannya.

Misal ada pertanyaan, mas ini support agc ga?
malah di jawab iya, dan akhirnya server jadi ganggunan karena memang speknya lemah
(ini sering terjadi karena semangat jualan tanpa adanya edukasi)

Studi Kasus Product Knowledge Penjual Kopi

Contoh terakhir yakni penjual kopi,,
bagi penjual kopi kudu bisa membedakan baik rasa dan aroma kopi yang dijualnya dengan kopi kompetitor,

Apa beda kopi gayo, kopi mandailing, kopi Lintong dan lain-lain walaupun sama-sama kopi arabika…??

Katanya sih,, Kopi Lintong itu keras, Bold istilahnya, sangat cocok buat yang suka begadang, aromanya earthy. Sementara kopi Mandailing itu kebalikannya & bersifat Mild. Lalu kopi gayo ada di pertangahannya, lebih netral khas fruity.

Nah, bagaimana jika kopi gayo, mandailing, dan Lintong di Mix (Blend) dengan takaran tertentu dalam kemasan 250 gram kopi? nah, bagi yang penasaran bisa pesan Kopi House Blend khas Sumatera tersebut di ane, yakni Kopi Tree.
(mumpung lagi harga promosi, hehehe 😀 )

Nah, tidak semua sih mastah/suhu Internet Marketing bisa menjual semua produk. mereka harus punya product knowledgenya terlebih dahulu, feelnya juga harus ada disana.

Seperti salah satu mastah senior di Medan yang mengaku akan angkat tangan jika disuruh menjual sepatu pria. Dan ane sendiri juga akan kibar bendera putih jika disuruh menjual produkproduk dewasa dan obat oles, bukan dunia ane soalnya

Yuk, pelajari dulu produkmu scara detail karena salah satu faktor gagal closing yakni kurangnya product knowledge itu sendiri. 🙂

Berkomentar yang Sopan di bawah ini 🙂

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here