Diabates, begitu disepelekan penyebabnya, begitu mematikan efeknya.

446

Zulfirman.com – Diabetes, di lingkunganku sering disebut dengan istilah sakit gula. Bahkan ada bertambah lagi istilahnya menjadi gula kering dan gula basah yang bisa mengakibatkan sekedar luka kecil menjadi luka besar dan bahkan membusuk. Hal ini sering kulihat bersama teman-teman Merger (Medan Bergerak) yang mendapati beberapa warga Medan yang membutuhkan bantuan untuk biaya perobatan yang disebabkan penyakit gula ini.

Beberapa diantaranya yakni :

penderita-penyakit-diabetes
Penderita penyakit Diabetes di Medan

penderita-penyakit-diabetes-merger
Nek Idah, Penderita penyakit Diabetes di Medan

Mengerikan bukan?! Semoga kita semua yang sekarang masih sehat, terhindar dari hal yang serupa. Aamiin.

“Diabetes merupakan penyakit penyebab kematian nomor 6 di Indonesia”

Banyak sekali faktor penyebab Diabetes namun keseringan semua faktor dan gejala-gejala diabetes disepelekan oleh banyak orang. Padahal menurut World Health Organization (WHO) tahun 2010 menyebutkan bahwa 60% penyebab kematian semua umur di dunia adalah karena PTM (Penyakit Tidak Menular), sementara Diabates menduduki peringkat ke-6 sebagai PTM penyebab kematian tadi.

Bahkan dari hasil Riskesdas tahun 2007, Diabetes merupakan penyakit penyebab kematian nomor 6 di Indonesia dengan jumlah proporsi kematian sebesar 5,8 % setelah stroke, TB, Hipertensi, cedera dan Perinatal.

Karena memang diabetes pada dasarnya dapat menyebabkan terjadi komplikasi seperti hipertensi, jantung korononer, stroke, Neuropati (kerusakan syaraf yang dapat mengakibatkan amputasi kaki), gagal ginjal, dan penyebab utama kebutaan.

Secara ilmiah sih, penyakit diabetes terjadi akibat adanya gangguan metabolic yang berlangsung sangat lama dikarenakan pancreas yang tidak lagi memproduksi insulin atau hormaon yang mengatur kadar gula yang menyebabkan meningkatnya kadar glukosa dalam darah.

Masih bingung penjelasannya?? Ya sudah, kita akan bahas lagi secara lebih mudah terkait apa-apa saja yang dapat menyebabkan seseorang itu terkena penyakit diabetes.

Penyebab / Faktor Resiko Diabetes

Banyak faktor resiko seseorang terkena diabetes. Secara umum faktor resiko diabetes dibagi menjadi 2 yakni faktor yang tidak dapat dicegah dan faktor yang dapat dicegah. Sayangnya, 80% dari penderita diabetes di seluruh dunia sebenarnya dapat dicegah dengan pola hidup yang sehat.

Beberapa faktor diabetes yang tidak dapat dicegah yakni  ras dan etink, jenis kelamin, usia, riwayat melahirkan bayi dengan berat badan sewaktu lahir rendah (kurang dari 2,5kg) dan faktor riwayat keluarga dengan diabetes melitus.

Sementara faktor diabetes yang dapat dicegah yakni kegemukan atau obesitas, aktifitas fisik yang kurang, hipertensi, makan tinggi gula, lemak serta gorengan, kecanduan merokok dan sering stres.

poporsi faktor resiko diabetes di indonesia
poporsi faktor resiko diabetes di indonesia

Kenali Gejala Diabates

1 dari 2 orang dengan Diabetes tidak tahu bahwa dia penyandang Diabetes. Mengenali gejala diabetes berguna untuk mendeteksi dini apakah diri kita termasuk salah satu penderita diabetes atau tidak. Selain dengan melakukan check kadar gula ke dokter, kita juga dapat mendeteksi beberapa gejala terkena diabates yakni :

Kenali Gejala Diabetes
Kenali Gejala Diabetes
  1. Penyembuhan Luka yang lama dan lambat

Salah satu sinyal indikator terbesar dari gejala diabetes yakni lambatnya penyembuhan apabila terkena luka, memar dan infeksi. Hal ini dikarenakan adanya glukosa yang berlebih yang menyebabkan pembuluh darah rusak.

  1. Turunnya Berat Badan secara drastis

Penurunan berat badan secara drastis 5 hingga 10 kg secara drastis dalam 2 atau 3 bulan disebabkan kadar gula darah yang tinggi. Hal ini bukan sehat karena glukosa tidak dapat diserap dengan baik ke dalam sel yan selanjutnya membuat tubuh mulai menggunakan protein dari otot sebagai sumber alternatif energi.

  1. Kulit Bermasalah

Adanya penggelapan kulit disekitar kulit dan ketiak yang sangat kering dan gatal. Hal ini dikarenakan buruknya sirkulasi pembuluh darah.

  1. Sering buang air kecil dan dan selalu haus

Seringnya buang air kecil berkali-kali hingga terbangun di malam hari merupakan gejala umum penderita diabetes karena adanya proses ginjal yang terus menerus bekerja untuk menyingkirkan gula darah berlebih. Sementara adanya rasa haus berlebih menunjukkan bahwa tubuh terus berusaha menggantikan cairan yang hilang tersebut.

Cegah, Obati dan Lawan Diabetes dengan aksi PATUH dan CERDIK

Cegah, Obati dan Lawan Diabetes dengan aksi PATUH dan CERDIK
Cegah, Obati dan Lawan Diabetes dengan aksi PATUH dan CERDIK

Kementrian Kesehatan Indonesia selalu menghimbau kita melalui Posbindu PTM dan Balai Gaya Hidup Sehat untuk melakukan aksi PATUH dan CERDIK yakni :

Aksi PATUH meliputi sebagai berikut :

P : Periksa kesehatan secara rutin dan ikuti anjuran dokter
A : Atasi penyakit dengan pengobatan yang tepat dan teratur
T : Tetap diet sehat dengan gizi seimbang
U : Upayakan beraktivitas fisik dengan aman
H : Hindari rokok, alkohol dan zat karsinogenik lainnya

Sementara aksi CERDIK yakni :

C : Cek kondisi kesehatan secara berkala
E : Enyahkan asap rokok
R : Rajin aktifitas fisik
D : Diet sehat dengan kalori seimbang
I : Istirahat yang cukup
K : Kendalikan stres

Makanan dan Minuman yang Dianjurkan dan Dilarang bagi penderita Diabetes

Adapun beberapa makanan dan minuman yang direkomendasikan bagi penderita Diabetes yakni Kacang Almon, Coklat Hitam, Kopi, Cuka Sari Apel, Kentang, Kayu manis, Minman Green Tea, dan rempah Fenugreek.

beberapa makanan yang direkomendasikan bagi penderita Diabetes
beberapa makanan & minuman yang direkomendasikan bagi penderita Diabetes

Sementara makanan dan minuman yang dilarang dan harus dihindari bagi penderita diabetes yakni Soda, Kacang Goreng French Fries, daging babi bakar, susu, buah-buahan kalengan, snack potato chip, saos, hamburger, dan pancake.

 makanan dan minuman yang dilarang dan harus dihindari bagi penderita diabetes
makanan dan minuman yang dilarang dan harus dihindari bagi penderita diabetes

Sebagai seorang fulltime blogger, terkena resiko diabetes bagiku sangat besar.
Kenapa tidak?!
Karena sebagian diantara kami adalah orang-orang yang malas untuk bergerak, lebih sering diam di depan laptop/komputer, bahkan merokok (syukurlah aku bukan seorang perokok).

Semoga tulisan ini dapat mejadi peringatan bagi diriku dan juga bermanfaat bagi pembaca yang lainnya. Dan tulisan ini diikut-sertalan dalam Lomba Penulisan Blogger Hari Kesehatan Sedunia 2016:  “Cegah, Obati, Lawan Diabetes”
#LawanDiabetes #IndonesiaLebihBaik

Cegah, Obati dan Lawan Diabetes
Cegah, Obati dan Lawan Diabetes

 

Berkomentar yang Sopan di bawah ini 🙂

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here