Lawan Neuropati dengan Neurobion dan Jadilah Pahlawan
Lawan Neuropati dengan Neurobion dan Jadilah Pahlawan

Zulfirman.com – Menjadi seorang fulltime blogger sekaligus seorang “ayah” di sebuah istana kecil yang sedang kubangun tidaklah mudah. Dibutuhkan keikhlasan, kesabaran, juga stamina dan kondisi fisik yang selalu diharapkan performa terbaiknya khususnya dalam melawan neuropati yang suka menyerang saraf tepi.

Pernah suatu hari, saya, dan istri bepergian naik motor yang menempuh jarak 60-an km. Lama waktu dalam perjalanan tersebut memakan waktu hampir 2 jam. Namun sewaktu akan kembali ke rumah, tiba-tiba saja tangan kananku mengalami keram. Ibu  jari hingga jari tengah saling merapat, ketiga jari itu menjauh dari jari manis dan kelingking yang juga dalam keadaan merapat.

Sedikit sakit memang, tapi itulah yang kurasakan dalam beberapa menit sehingga harus berhenti terlebih dahulu hingga akhirnya normal kembali.

Nah, keadaan seperti itulah adalah salah satu contoh serangan neuropati. Neuropati sendiri merupakan sebutan medis untuk kerusakan saraf yang dapat disebabkan oleh penyakit, trauma pada saraf, komplikasi dari penyakit sistemik atau karena kekurangan vitamin B Kompleks. Umumnya ditandai dengan gejala kesemutan, nyeri, mati rasa, kebas, kram, rasa terbakar.

Waspadai Efek Serangan Neuropati

Waspada neuropati mengintai gaya hidup kamu
Waspada neuropati mengintai gaya hidup kamu

Gejala dari Neuropati biasanya mulai dirasakan di usia 26-30 tahun. Banyak efek serangan Neuropati yang sering kita temui bahkan kita rasakan sendiri dalam kehidupan sehari-hari yakni :

  1. Carpal Tunnel Syndrome (CTS)

Serangan inilah yang mungkin sama seperti kasus yang saya alami.  CTS adalah penyakit yang timbul karena adanya gangguan saraf tengah yang diakibatkan banyak dan lamanya tekanan di bagian pergelangan tangan.

CTS bisa menjangkiti seorang fulltime blogger sepertiku yang sering melakukan kegiatan tangan berlebihan seperti mengetik dan memegang mouse dalam waktu yang lama, orang stress, trauma, kehamilan pada penderita diabetes, dan faktor genetika juga menjadi penyebabya. Bahkan seorang pengguna maniak gadget (smartphone) yang aktif pun juga bisa kena.

Beberapa pencegahan CTS untuk para Blogger yakni :

  • Letakkan keyboard dengan posisi yang benar untuk kesehatan
  • Istirahatlah secara teratur setuap 15-20 menit sewaktu bekerja dengan cara melekukkan dan meluruskan pergelangan tangan.
  • Jangan meletakkan posisi keyboard lebih rendan atau lebih tinggi dari siku tangan.
  • Dudukah dengan posisi punggung yang tegak.
  • Dan jagalah agar tangan selalu hangat.
  1. Lower Back Pain (LBP)

LBP adalah serangan mendadak berupa nyeri pada bagian pinggang. Hal ini disebabkan otot yang menegang karena pekerjaan fisik yang berat seperti mengangkat sesuatu atau pergerakan yang terlalu dipaksakan, membungkuk dan berdiri terlalu lama juga bisa memacu datangnya serangan LBP yang bahkan bisa bersifat kronis dan akut.

Kondisi-kondisi lain yang menjadi penyebab datangnya LBP yakni stenosis spinalis, artritis (osteoartritis), infeksi spinal (osteomielitis), tumor-tumor spinalis (jinak dan ganas), spondilolistesis dan fraktur-fraktur vertebralis (misalnya, fraktur kompresi).

  1. Kesemutan

Setiap orang sering mengalami kesemutan, yakni suatu kedaan dimana kita merasakan sensai seperti terbakar, geli, dan gatal yang bercampur dan menjalar pada kulit tertentu di tangan, kaki, jari, dan kadang-kadang juga bisa terjadi pada bagian tubuh lainnya.

Kesemutan tidak boleh dianggap remeh, khususnya apabila sering dialami dalam beberapa menit, membuat sulit bernafas, diiringi dengan nyeri pada leher, kepada dan punggung. Dan lebih parah lagi bila diiringi dengan kelumpuhan, susah bicara, pandangan gelap, dan tanda-tanda stroke lainnya, segeralah hubungi pihak medis terdekat.

  1. Diabetic Neuropati

Diabetic Neuropati adalah serangan neuropati  yang merusak saraf sebagai komplikasi serius dari diabetes yang bisa menimbulkan rasa nyeri, mati rasa dan gangguan pada saluran pencernaan, kemih, pembuluh darah dan jantung.

Diabetic Neuropati sering dipicu dengan adanya kerusakan saraf atau pembuluh darah , adanya peradangan, penderita gangguan ginjal, juga dampak dari mengkonsumsi rokok dan alkohol.

Bahkan komplikasi yang bisa ditimbulkan dari Diabetic Neuropati berupa Infeksi parah pada kaki yang berakibat diamputasi, kerusakan sendi dan infeksi kandung kemih, kadar gula dibawah normal, tekanan darah leman yang berakibat pusing dan pingsan, gangguan pencernaan seperti sembelit, mual, muntah dan diare, keringant yang berkurang atau bahkan sangat banyak hingga disfungsi seksual.

Nah, empat macam serangan Neuropati di atas kerap kali dianggap enteng namun apabila tubuh kita sudah terlalu sering merasakannya sementara kita juga menyepelakannya, Neuropati bisa saja membuat putusnya sendi bahkan kelumpuhan. Sesal kemudian tidaklah berguna.

Lawan Neuropati dengan Neurobion

5 Alasan memilih Neurobion untuk Melawan Neuropati

Sebenarnya sudah lama sih saya mengenal neurobion. Tepatnya sewaktu dibangku SMA, ayah saya yang pekerjaannya sebagai tukang jahit baju dan celana beberapa kali meminta saya untuk dibelikan neurobion di apotik. Awalnya ku beranggapan ini adalah obat untuk sakit kepala namun ternyata salah besar.

Neurobion merupakan vitamin  Neurotropik (B1, B6 dan B12) yang berguna untuk memperbaiki sel saraf tepi yang rusak (neuropati) yang bisa menyebabkan kebas, kesemutan dan empat serangan neuropati yang sebelumnya kita bahas.

“Lapisan Luar Neurobion itu ga pahit, tapi rasanya manis karena merupakan tablet salut gula”

Sewaktu saat ku pertama kali mengkonsumsi vitamin ini, lapisan terluar Neurobion ternyata tidaklah terasa pahit melainkan manis karena Neurobion merupakan tablet salut gula. Bentuk tabletnya juga tidak terlalu besar sehingga mudah ditelan.

Sebagai ahlinya Vitamin Neurotropik yang diproduksi oleh Merck (Perusahaan Farmasi Jerman terpercaya), Neurobion sangat aman dikonsumsi tanpa efek samping, juga telah direkomendasikan oleh para dokter dan orang tua termasuk Mamak yang menganjurkan Neurobion ke saya.

Cukup mengkonsumsi Neurobion secara rutin sehari sekali insyaAllah gejala serangan Neuropati akan hilang. Neurobion terdiri dari 2 jenis Neurobion Putih, dan Neurobion Forte (Merah). Yang putih dikonsumsi untuk memperbaiki sel saraf tepi penyebab kebas dan kesemutan. Sementara yang Merah bagi penderita gejala neuropati yang rutin mengganggu aktivitas sehari-hari.

Jangan takut untuk periksa ke Dokter

Jika kita sering mendapat gejala neuropati seperti mati rasa, kesemutan, dan nyeri sendi memang bisa diatasi dengan konsumsi vitamin Neurobion. Namun, alangkah lebih baik lagi melakuakn diagnosi sedini mungkin ke dokter yang lebih ahli agar kita bisa mendapatkan petunjuk lebih sesuai gejala yang kita rasakan agar penanganannya ebih tepat sasaran.

Bahkan untuk kasus parah yang lebih lanjut lagi, dokter akan meminta kita melakukan tes darah, X-ray, CT scan atau MRI. Pengukuran kadar besi, vitamin B12 dan faktor-faktor lainnya dapat juga dilakukan untuk mengetahui adanya malnutrisi. Sedangkan tes yang dilakukan khusus untuk melihat fungsi saraf salah satunya adalah Elektromiografi (EMG).

Dan Jadilah Pahlawan

Jadilah Pahlawan bersama Neurobion
Jadilah Pahlawan bersama Neurobion

Keluarga adalah orang pertama yang harus kita lindungi dan bahagiakan terutama anak dan istri. Menjaga kesehatan diri kita sendiri yang berarti kita juga sedang melindungi keluarga yang kita sayangi.

Alhamdulillah, dengan Neurobion saya merasa berhasil melawan Neuropati yang dulunya sering mengganggu. Menjalankan aktivitas sebagai blogger untuk mencari nafkah pun menjadi lancar tanpa gangguan. Juga kegiatan kumpul dan bermain bersama istri dan anak menjadi lebih nyaman dan bebas bergerak melakukan apa saja.

“Jadi ga perlu khawatir lagi kaki keram saat Berenang bersama anak-anak atau Kesemutan saat bermotor jauh.”

Menjadi orang yang diandalkan dan diharapkan, seorang pahlawan keluarga dituntut untuk tidak boleh sakit. Selalu jalani pola hidup sehat bersama keluarga dengan rutin berolahraga, minimal 5-10 menit sebanyak 3 kali sehari untuk sekedar melakukan gerakan pemanasan. Selalu sedia dan makan makanan yang berizi semisal ikan, daging, gandum, kacan-kacangan, beras merah dan juga susu. Berisirahatlah yang cukup dengan tidur 6-8 jam sehari. Dan yang terakhir cukupi kebutuhan asupan vitamin B1, B6 dan B12 untuk dapat melawan Neuropati.

Semoga artikel ini bermanfaat dan mari #LawanNeuropati 🙂

=======================================================

Sumber referensi :

Berkomentar yang Sopan di bawah ini 🙂

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here