Zenrooms dan Strategi Rahasia Travelling Hemat Mewujudkan Mimpiku ke Bali

Zulfirman.com – Menjadi seorang yang tinggal di ujung Barat Indonesia tepatnya di Medan, Sumatera Utara. Impian untuk travelling ke luar daerah dimana dia tinggal tentunya selalu ada. Khusus daerah yang masih dalam wilayah Indonesia, kupilih Bali sebagai destinasi impianku. Dimana dalam pikiranku, Bali merupakan salah satu tempat terindah dan bertaraf Internasional tentunya. Dimana semua orang termasuk dari mancanegara pada berkumpul, berbaur, dan saling berbagi kesenangan dan pengalaman disana, di Bali, negeri Pulau Dewata.

Strategi Merencanakan Travelling Hemat ke Bali

Untuk mewujudkan impianku ini, sedari dini aku mulai mengumpulkan berbagai informasi dan perencanaan Travelling Hemat untuk menimimalkan budget pengeluaran sewaktu di Bali. Tentunya semakin anggaran budget pengeluaran kecil, semakin cepat pula alokasi dana terkumpul agar travelling ini bisa segera terlaksana. Beberapa hal perencanaan Travelling Hemat yang dapat membantuku dan tentunya teman-teman pembaca yang punya impian yang sama yakni :

Menentukan Jadwal Keberangkatan Hemat

Menentukan Jadwal Keberangkatan HematMenentukan jadwal keberangkatan dapat berdampak signifikan terhadap harga hotel dan penerbangan. Di Bali, sewaktu Peak Season atau musim travelling yang berada sekitar akhir tahun (pertengahan Desember hingga Januari), merupakan waktu dimana harga benar-benar paling mahal.

Waktu High Season atau musim dimana warga Indonesia sendiri sedang melakukan “liburan akhir tahun sekolah”. Dan waktu ini bertabrakan dengan liburan musim panas wisatawan internasional. High Season ini terjadi sekitar bulan Juli hingga awal September. Daftar harga di musim ini tentunya masih sangat menguras kantong.

Selain mempertimbangkan Peak Season dan High Season, kita juga mesti mempertimbangkan musim hujan di Bali. Gak enak donk rencana niat mau jalan-jalan menikmati keindahan di Bali, eh, malah terkurung terus penginapan. -_-‘

Meskipun secara umum, Bali memiliki cuaca panas sepanjang tahun, namun kita juga kudu berhati-hati dengan musim hujan yang turun sekitar bulan Januari-April dan Oktober-November.

Jadi waktu yang tepat dan Hemat untuk travelling ke Bali yakni sekitar bulan Mei-Juni.

Check dan Bandingkan Penerbangan Termurah

Beberapa maspakai penerbangan domestik selalu mempunyai promo paket penerbangan hemat setiap tahunnya. Jadilah follower social media mereka baik facebook fanpage maupun twitter, dan jadilah subscriber list emailnya juga agar kita mendapatkan email penawaran-penawaran menarik dari masing-masing maskapai tersebut.

Tiidak kalah penting lainnya, di tahun 2016 ini kita juga semakin mudah untuk membandingkan dan mendapatkan harga termurah dari tiap maskapai penerbangan melalui berbagai aplikasi tiket online yang popular di Indonesia. Biasanya sih, caranya hampir sama.

Kita cukup input tanggal dan lokasi keberangkatan serta tujuan daerah wisata, lalu klik tombol “Cari”, maka hasilnya dalam hitungan detik, kita akan menemukan list harga tiket penerbangan dari berbagai maskapai mulai dari yang termurah hingga yang termahal.

Ada baiknya juga dengan tidak hanya mencoba di satu aplikasi tiket online saja melainkan risetlah di beberapa aplikasi sekaligus untuk mendapatkan hasil yang lebih komperensif. Silahkan catat dan bandingkan juga dengan newslater promo yang ditawarkan sebelumnya hingga akhirnya didapat harga yang benar-benar terhemat.

Zeen Roms, Rahasia mendapatkan Penginapan Terhemat dengan Fasilitas Berlimpah

Zeen Roms, Rahasia mendapatkan Penginapan Terhemat dengan Fasilitas Berlimpah
Tampilan Homepage Zen Rooms Indonesia (https://www.zenrooms.com/id)

Mencari penginapan di Bali dengan kamar yang bagus dan harga terjangkau serta aman tentunya bukanlah hal yang sulit untuk dilakukan. Kini kita juga bisa melakukannya sendiri tanpa perlu mendatangi kantor-kantor travel agen.

Caranya yakni lewat Zen Rooms yang harga perkamarnya mulai dari Rp.160.000, murah kan?!

“Sleep Well, Pay Less”

Di Zen Rooms, setiap kamar benar-benar diseleksi untuk mendapatkan kepuasan yang menyenangkan bagi kita. Dengan mottonya Sleep Well, Pay Less, Zeen Rooms menjamin kita untuk mendapatkan kamar bersih, kasur modern yang nyaman, air conditioner, kamar mandi di dalam, dan wifi gratis.

“Kami sebenarnya bukan hotel. Kami bekerja sama dengan hotel-hotel budget, lalu merombak kamarnya dengan standar kami dan membuatnya lebih nyaman,” ujar Co-Founder Zenrooms, Nathan Boublil kepada awak media di Restoran Seribu Rasa, Lotte Shopping Evenue, Jakarta Selatan, Kamis (3/12/2015).

Jadi, Zeen Rooms itu bukanlah hotel guys melainkan jaringan hotel yang dapat dipesan melalui online. Kita bisa langsung klik https://www.zenrooms.com/id/hotels/9/hotels-bali untuk melihat dan melakukan pemesanan kamar dari 295 Hotel di Bali yang telah bekerjasama dengan Zeen Rooms. Bahkan dibagian detailnya, kita dapat melihat berbagai fasilitas yang dimiliki, harga per kamar, serta photo-photo terkait dari tiap fasilitas kamar, layanan dan keindahan hotelnya.

SLEEP WELL, PAY LESS
SLEEP WELL, PAY LESS

Jelajah Asyik nan Hemat di Bali

Menjelajahi berbagai tempat wisata di Bali tentunya tidak luput dari pemilihan kendaraan. Transportasi umum di Bali begitu langka sehingga kebanyakan orang akan merekomendasikan kita untuk naik taksi yang tertunya sangat mahal di ongkos.

Namun, ada Bus Wisata yang sering dinaiki para turis di Bali yakni Kura-Kura Bus yang telah dilengkapi dengan AC yang nyaman. Bus yang bercorak seperti kura-kura dengan paduan warna hijau dan kuning ini bisa kita temukan di tempat pemberhentian bus atau bahkan di hotel atau mal-mal yang telah bekerjasama. Saat ini Kura-Kura Bus dapat melayani perjalanan kita ke Kuta, Legian, Seminyak, Sanur, Nusa Dua Jimbaran dan bahkan semua jalan-jalan ke Ubud, Bali.

kura-kura bus
sumber : fb.com/kurakurabus

Ongkos termurah naik Kura-Kura Bus sangat murah yakni mulai dari Rp.20.000. Sebagai gambaran, biaya ongkos naik taksi dari Kuta ke Ubud sekitar Rp.200.000 sementara tiket menggunakan Kura-Kura Bus Kuta-Bali hanya Rp.80.000.

Jika kita telah sampai ke Ubud, selain berjalan kaki untuk berkeliling, bersepeda adalah cara yang menyenangkan, hemat biaya dan alternative ramah lingkungan. Kita dapat menyewa sepeda untuk seharian penuh dengan biaya hanya sekitar Rp.30.000 untuk menikmati sawah subur di pedesaan. Jika kita tidak mahir bersepeda, kita juga bisa menggunakan Gojek, sebuah layanan transportasi online menggunakan sepeda motor untuk mengantarkan kita ke tempat tujuan dengan cepat dan hemat.

Ohya, jangan lupa juga sediakan minuman air mineral sendiri sewaktu kamu berkeliling di Bali karena bukan rahasia lagi kalau harga minuman di tempat wisata walaupun sekedar air mineral bisa dua kali lipat dari harga normal di pasaran.

Makanan Enak dan Murah Meriah

Melakukan Travelling tentunya juga ga luput dari wisata kuliner. Bisa Karena menunya yang menggoda selera atau karena sudah lapar sehabis berkeliling tentunya. Untuk mencicipi makanan di restoran Hotel biasanya harga sangat gila-gilaan.

Alternatif untuk mendapatkan makan enak dan murah meriah yakni dengan makan di warung terdekat. Biasanya cukup mengeluarkan Rp.10.000 sampai Rp.15.000 per porsi kita sudah mendapatkan ayam dan nasi lengkap dengan sayuran dan segelas minuman putih.

Namun jika kita ingin menikmasi kuliner khas Bali yang unik dan ga bisa kita temukan, kita boleh sedikti mengeluarkan biaya lebih ke cafe-cafe Hemat di Bali salah satunya yakni Cafe Bali, yang berlokasi di Kuta Utara. Kamu bisa melihat detail lokasinya melalui google map.

Cafe Bali Seminyak on Google Map
Cafe Bali on Google Map (klik gambar untuk melihat gambar lainnya di google Map)

Hemat Berbelanja Souvenir atau keperluan oleh-oleh lainnya

Bali merupakan tempat yang perbelanjaan dari banyak seniman lokal yang mengagumkan. Salah satu lokasi terbaik untuk berbelanja di Bali yakni pasar Ubud. Hati-hati dengan harga pertama yang diberikan para penjual karena sebenarnya kita dapat melakukan tawar-menawar harga hingga 50% dari harga pertama.

pasar Ubud
pasar Ubud (source : cumilebay.com)

Cara bijak untuk hemat sewaktu berbelanja yakni dengan terlebih dahulu menetapkan berapa maksimal alokasi budget untuk hal ini. Dan jangan lupa untuk hanya membawa uang cash yang tidak sangat melebih dari alokasi tersebut. Uang cash yang dibawa juga ushakan terdiri dari beberapa epcahan uang (uang pas) karen ga jarang, para penjual memaksa kita untuk membeli lebih banyak agar uang kembaliannya lebih kecil atau dipaskan.

Juga tak lupa hindari membawa debit atm dan kartu kredit sewaktu berbelanja agar kita bisa mengerem nafsu belanja yang berlebihan dan terhindar dari menghamburkan uang untuk barang yang sama sekali tidak diperlukan.

Terakhir,, hindari membeli oleh-oleh baju atau pernak-pernik yang pasti juga bisa kita temukan di kota tempat tinggal.

“Pergi di ongkosi, makan dibandari, mau apa-apa dibeliin, dan pulang dapat uang saku”

Ya, inilah segelintir coretanku terkait impian dan strategi Travelling Hemat. Sebelum menulis artikel ini, aku sengaja bertanya ke istri untuk minta inspirasi dan pendapat Travel Hemat itu seperti apa menurut pandangannya.

“ummi.. yg dikatakan travel hemat itu seperti apa sih? biasanya kan ibu-ibu paham betul cara menghemat, terlebih sewaktu merencakanan perjalanan wisata”, tanyaku

“Pergi di ongkosi, makan dibandari, mau apa-apa dibeliin, dan pulang dapat uang saku, itu baru travel hemat, hehehe”, jawabnya sambil tertawa kecil.

Ya, sebagai Fulltime Blogger yang ga terikat dengan jam kerja dan kalender liburan apapun, semoga saja impianku ke Bali ada yang ongkosi, bisa jadi itu dari Promo atau lomba blog yang diadakan Zen Rooms atau lainnya. ^_^

Sebelum artikel ini saya akhiri, mari kita lihat video Pesona Wisata Bali yang diambil dari channel resmi indonesia.travel di bawah ini.

Bagaimana, jadi semakin pengen ke Bali kan?!

Yuk subcribe & Pesan Hotel Hemat nan Berkualitas di Zen Rooms…!!

zeenroom subcribe.jpg
zeenroom subcribe

#ZenRoomsID #TravelingHemat #SalamBlogger. 🙂

Berkomentar yang Sopan di bawah ini 🙂

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here