Mobilegeddon dan Efeknya, Kenali Algoritma Terbaru Google

317

Guru SEO Medan Sewaktu era Panda diluncurkan, sebanyak 12% website di dunia kena imbas. Kini, kita sambut era Mobilegeddon dan Efeknya, Kenali Algoritma Terbaru Google yang satu ini sudah diluncurkan dan berimbas terhadap 40%-60% perubahan di SERP.

Dan sebelumnya juga, tanpa disadari banyak orang,, google sudah memberikan label di SERP nya terhadap semua web mana-mana saja yg “mobile-friendly” dan mana yang tidak.

Pahami Efek Algoritma Google, Mobilegeddon

Banyak orang berpikir, menghadapi mobilegeddon sekedar menitikberatkan kepada “ubah themes ke mobile friendy” doank saja. Bahkan ada juga yang mengatakan
“hanya update fasilitas google bukan UPDATE besar SAPU Bersih”

well..
Kalau dilihat dari posisi ranking SERP Desktop sih, Ya Anda Benar…!!

Untuk posisi SERP Desktop memang tidak terjadi perubahan besar. Hal itu sudah dikatakan oleh pihak googlenya sendiri. Namun, perubahan besar itu datang dari posisi SERP di google mobile. Seperti apa sajakah efek mobilegeddon?

Sebagai contoh seperti Screenshot (SS) di bawah ini, google akan mengindeks dan menampilkan artikel yang berasal dari sebuah apliakasi android yang sebelumnya hal ini tidak ada sama sekali. Nah, SS seperti ini ga akan kita temui apabila kita check lewat desktop.

Pahami Efek Algoritma Google, Mobilegeddon
Pahami Efek Algoritma Google, Mobilegeddon

Belum lagi bakalan menurunnya posisi website yang ga mobile freindly di SERP google mobile.

Belum lagi pengaruh di local SERP nya. Misal apabila seorang pengguna mobile, ingin mencari hotel, pizza hut,atau penjual laptop/baju, maka hasil pencarian di mobile akan menampilkan map atau tempat-tempat yang terdekat dari kita, terutama apabila sistem GPS diaktifkan.

Dan sebenarnya banyak lagi perubahannya kalau kita memang mau Mencari artikel-artikel yang bersumber dari luar.

Salah satu petikan wawancara tentang mobilegeddon di bawah ini menunjukkan bahwa mobilegeddon ga akan berdampak kepada hasil pencarian di desktop dan tablet, tapi hanya pencarian di versi mobile saja (pages in Google’s mobile search results only.)

Q: What is this algorithmic update, who will it impact?

A: This update will impact only mobile searchers and it will give a ranking boost to mobile-friendly pages in Google’s mobile search results only.

Q: Will it impact desktop searchers? Will my desktop rankings drop?

A: No, it will only impact mobile searchers and will have no impact on your desktop rankings.

Q: Will it impact tablet searchers?

A: No, this only impacts searches done on mobile smartphone devices, not tablets.

Welcome to Mobilegeddon…!!

Berkomentar yang Sopan di bawah ini 🙂

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here