Tanya Jawab seputar Domain Life-Cycle

205

Guru SEO – Pada artikel sebelumnya, kita telah mengetahui Keunggulan Menggunakan Top Domain Level .net/.com. Kali ini website zulfirman.com akan membahas Tanya Jawab seputar Domain Life-Cycle yang sering ditanyakan teman-teman langsung lewat facebook messenger.

Pada umumnya, minimal masa aktif suatu domain adalah 1 tahun dari waktu domain dibeli. Jadi si pemilik domain harus segera memperpanjang domain tersebut dengan membayar biaya perpanjangan di tahun kedua dan seterusnya agar domain ini tidak expired.

Trus apabila saya telah memperpanjangnya apakah domain langsung expired dan tidak bisa saya perpanjang lagi?

Ya, domain apabila tidak diperpanjang akan berubah statusnya menjadi “Expired” namun perlu diketahui, biasanya 45 hari dlm masa Expired ini, domain masih bisa kita perpanjang. Namun biasanya ada beberapa “Denda Tambahan” yang dikenakan register domain local tergantung lama tidaknya kita memperpanjang.

Dan satu lagi jika Domain diperpanjang setelah memasuki masa expired, biasanya domain tidak langsung aktif seperti biasanya. Dibutuhkan 1 sampai beebrapa hari barulah domain normal kembali.

Apakah domain yang sengaja tidak saya perpanjang, domain tersebut bisa di gunakan oleh saya atau orang lain di kemudian hari? Ataukah domain langsung hilang selamanya?

Tiap domain mempunyai suatu “siklus hidup”. Apabila setelah 45 hari masa expired domain tetap tidak diperpanjang, maka domain tersebut akan memasuki fase “Redemption Grace Period” selama 30 hari. Biasanya dalam masa ini, apabila kita mengakses domain tersebut, akan muncul tulisan “Domain Fo Sale” dan pada masa ini harga domain jauh lebih mahal dari biasanya. Si penjual domain akan menahan domain ini sampai ia mendapatkan pembeli baru yang benar2 membutuhkan domain ini.

Nah setelah 30 hari berlalu dan belum juga didapat pembeli baru, 5 hari berikutnya domain akan memasuki tahap2 penghapusan (Pending Deletion), hingga akhirnya Domain tersebut dapat “dibangkitkan kembali seperti Zombie” dengan harga yang sama seperti harga Fresh Domain pada umumnya. Jadi jangan kaget jika suatu hari kita melihat suatu domain yang kita kira sudah mati, lalu tiba-tiba hidup kembali dengan isi dan pemilik yang jauh berbeda dari sebelumnya.

Perhatikan gambar Siklus suatu domain di bawah ini :

Tanya Jawab seputar Domain Life-Cycle
Tanya Jawab seputar Domain Life-Cycle

Saya sudah membeli suatu Domain, Bisakah saya tahu apakah domain tersebut adalah Domain Fresh dan sayalah pemilik pertamanya atau orang lain?

Bisa, silahkan kunjungi http://whois.domaintools.com dan masukkan domain yang akan kita check.

check domain di who.is
check domain di who.is

Nah, setelah itu akan keluar hasilnya. Dalam contoh ini, terlihat bahwa domain yg saya check telah memiliki 2 pemilik yang berbeda.

hasil check domain di who.is
hasil check domain di who.is
Berkomentar yang Sopan di bawah ini 🙂

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here