sumber visitor youtube
sumber visitor youtube

Guru SEO Medan – Dari total tayangan 1 video aja yg berjumlah 111.503,, Persentese visitor terbanyak yg datang malah dari “Rekomendasi Video” dan Penelusuan Video”, bukan dari Google Search. Google hanya menyumbang 391 kali penayangan.

Trus sumber trefik lainnya maksudnya apa? Cari tahu Sumber Traffict Youtube, kenali satu persatu dan mari kita bahas :
1. Rekomendasi Video, artinya…
video kita nongol di samping atau di akhir video lain yang sejenis.
Jadi jika awalnya ada orang lain nonton video batman si A, maka dia bisa aja selanjutnya lihat video batman yg punya kita.

Cari tahu Sumber Traffict Youtube, kenali satu persatu
Cari tahu Sumber Traffict Youtube, kenali satu persatu

2. Penelusuran Youtube
Ini terkait berbagai kata kunci yg diketik visitor langsung di pencarian youtubenya (bukan pencarian google). Dalam contoh kasus video ane ini, 1 video aja bisa mendatangkan visitor dari 500 kata kunci.

kumpulan keyword penelusuran youtube
kumpulan keyword penelusuran youtube

3. Langsung/Tidak Diketahui
Seseorang yang menonton video kita langsung dengan cara mengetikkan di addres bar, atau dengan cara membuka di daftar bookmark browser mereka.

4. Fitur Jelajah
artinya video kita bakalan muncul langsung ke visitor baik di beranda awal sewaktu dia membuka youtube dan lainnya. biasa hal ini terkait history pencarian, subcription, email update, atau fitur “tonton nanti”.

5. Eksternal
ini merupakan sumber trefik diluar youtube. Bisa jadi visitor menonton video kita ini hasil Google Search, embed dari web lain seperti blogspot, web berita review, atau share link dari sosial media.

6. Fitur Youtube Lainnya
Ini metupakan sumber trafik dari tambahan fitur youtube yg jarang orang ketahui seperti Youtube Remote dan Youtube tv (www.youtube.com/tv)

7. Tidak diketahui/pemutar sematan
Sumber trefik yang bahkan Youtube sendiri tidak mengetahuinya diluar 10 yang kita bahs disini, hehehe 😀

8.Aplikasi Eksternal
Sejak 1 Juni 2015, segala traffict yang datang dari aplikasi Youtube di smartphone dan tablet akan dikategorikan ke “aplikasi eksternal”

9. Channel Youtube
Apabila seseorang membuka video di satu channel baik channel sumber aslinya atau dari channel orang lain. Lho kok bisa orang menonton video si A namun dari channel si B?
jelas donk, karena video si A, ada muncul di channel si B di bagian “video yg disukai

10. Playlist
Kita atau orang lain dapat membuat video playlist yg isinya sekumpulan video yg biasanya membahas tema yg sama. jadi bisa isinya merupakan kumpulan playslist dari 1 channel, bisa juga dari beberapa channel orang lain.

Video yang muncul di playlist Beranda
Video yang muncul di playlist Beranda

11. hampir sama seperti yg diatas. Bedanya yg ini orang lgsung mengunjungi url halaman playlistnya sementara yg di atas bisa dari playlist yg ada di halaman channel seseorang.

Contoh tampilan halaman Playlist
Contoh tampilan halaman Playlist

Contoh tampilan halaman Playlist
Misal nih, ane baru saja mengupload 1 video, nah di subcirbe ane lgsung muncul notifikasi bahwa si “Firmahn” baru saaja uplaod video baru. ini dinamakan trefik notifikasi.

Berkomentar yang Sopan di bawah ini 🙂

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here