Bagaimana Cara Kerja Mesin Pencari Google.?

Pakar Seo – Di tengah perkembangan teknologi internet yang terus berkembang membuat berbagai aktivitas menjadi lebih mudah dan praktis. Cukup dengan menggerakkan jari melalui smartphone atau desktop, anda sudah dapat dengan mudah menemukan beragam informasi yang anda butuhkan melalui mesin pencari.

Memang Google merupakan mesin pencari terbesar dan terkenal, namun sebenarnya selain google ada banyak mesin pencari lainnya yang memiliki cara kerja serupa dengan google seperti misalnya yahoo, bing, yandex dan lainnya.

Sebagai pelaku bisnis online atau praktisi digital marketing yang banyak menggunakan atau mengandalkan mesin pencari untuk memperoleh pengunjung, ada baiknya jika anda mengenal dan memahami cara kerja dari mesin pencari. Dengan mengetahui cara kerja mesin pencari, tentu anda akan lebih mudah memperoleh peringkat halaman pada mesin pencari.

 

Hal Penting tentang Cara Kerja Search Engine

Meskipun sudah ada banyak orang yang mengetahui cara menggunakan mesin pencari untuk mencari sebuah informasi, namun sebenarnya tidak banyak orang yang mengetahui cara kerja dari sebuah mesin pencari. Hal ini terlihat dari banyaknya pelaku usaha online yang memiliki website merasa kesulitan untuk mendapatkan posisi rangking teratas pada mesin pencari. Untuk memudahkan anda dalam memahami cara kerja dari mesin pencari, simak penjelasan berikut ini.

 

Crawling

Crawling merupakan tahap kerja awal dari sebuah mesin pencari. Tahap ini merupakan tahap yang dimana google atau mesin pencari akan mengumpulkan sejumlah data dari website. proses kerja ini akan dilakukan oleh bot atau yang biasa dikenal dengan googlebot. Dikarenakan dikerjakan oleh robot maka proses pengumpulan data dikerjakan dengan skala yang besar dengan waktu yang singkat.

Bot akan bekerja secara otomatis terus menerus hingga memperoleh data yang valid. Maka dari itu lah, ada kemampuan yang dimiliki oleh google bot untuk mendeteksi adanya konten konten yang duplikasi atau copy paste. Apabila googlebot mendeteksi adanya konten yang duplikasi maka konten atau web yang terlebih dahulu dan berkualitas yang akan diutamakan untuk memperoleh peringkat nantinya.

 

Indexing

Proses indexing merupakan proses atau tahap selanjutnya setelah proses Crawling. Data data yang telah diperoleh dari tahap Crawling akan dikumpulkan pada database mesin pencari. Data data yang telah dikumpulkan tersebut akan dikelompokkan menjadi data yang telah di indeks dan data yang belum diindeks.

Untuk halaman yang belum diindeks tidak akan ditampilkan pada mesin pencari, maka disitulah sebagai pemilih website harus dapat memastikan bahwa setiap halaman atau website mendapatkan indexing dari mesin pencari. Proses ini biasanya akan membutuhkan waktu yang berdasarkan jumlah antrian dan kualitas dari website. Di sinilah biasanya banyak pemilik website menggunakan teknik SEO.

Baca juga Membuat Meta Description Yang SEO Friendly

Processing

Proses processing ini akan berlangsung ketika mesin pencari memperoleh permintaan dari pengguna. Misalnya ketika seorang pengguna mesin pencari mengetikkan keyword resep kue, maka mesin pencari akan mencocokkan kata kunci tersebut dengan data atau website yang telah terindeks. Dalam pencocokan ini sendiri akan berlangsung dengan cukup cepat sehingga pengguna akan memperoleh informasi yang mereka butuhkan hanya dalam hitungan detik saja.

Maka dari situlah anda penting untuk memasukkan sebuah kata kunci pada bagian konten anda agar mesin pencari dapat merekomendasikan website anda yang berhubungan dengan kata kunci yang dimasukkan oleh pengguna.

 

Calculating Relevance

Calculating relevance merupakan proses dimana mesin pencari akan melakukan sebuah perbandingan antara website yang telah diindeks untuk mendapatkan hasil yang paling relevan dengan kata kunci yang digunakan oleh pengguna mesin pencari. Semakin relevan halaman atau konten yang terdapat di suatu halaman atau konten website maka akan semakin besar kemungkinan website tersebut akan ditampilkan ke daftar rekomendasi website dari mesin pencari dan bahkan akan besar kemungkinan memperoleh peringkat teratas.

 

Retrieval

Retrieval ini merupakan proses mesin pencari dalam menemukan halaman yang relevan dengan permintaan pengguna, namun tetap berdasarkan dengan algoritma. Setiap mesin pencari memiliki algoritma masing masing.

Nah itulah beberapa cara dari sebuah mesin pencari. Dengan memahami cara kerja dari setiap mesin pencari, tentu nantinya anda akan menjadi lebih mudah dalam mengejar peringkat dari mesin pencari.

Comments (0)
Add Comment