Pengertian CMS Dan Alasan Mengapa Menggunakan CMS Untuk Website

Pakar seo – Seiring dengan meningkatkan teknologi, membuat proses pengolahan dan pembuatan website menjadi semakin mudah. Tidak seperti sebelumnya yang dimana ketika kita hendak membuat website, kita dihadapkan dengan sistem pengkodean yang memiliki ratusan hingga ribuan baris kode. Sekarang ini, proses pembuatan website hanya perlu menggunakan CMS saja. 

Kemudahan dalam pembuatan website tersebut, membuat banyak pengusaha atau pebisnis lebih mudah dalam pembuatan website, dan bahkan hampir semua perusahaan saat ini memiliki website mereka masing masing yang dibuat dengan menggunakan metode CMS.

 

Apa Itu CMS.?

CMS adalah singkatan dari Content Management System yang artinya sistem manajemen konten. CMS adalah sebuah perangkat lunak yang digunakan untuk mengolah isi dari sebuah website. dengan bantuan CMS, kita dapat dengan  mudah mengelola website yang telah kita buat, tanpa perlu repot repot mendesainnya dari awal, sehingga anda tidak perlu khawatir jika kurang mengerti terkait pemrograman website.

 

Alasan Menggunakan CMS

Ada sejumlah alasan yang mewajibkan anda menggunakan CMS dibandingkan dengan membuat website baru dari awal. Apa saja itu.? Berikut beberapa diantaranya.

 

Sangat Efisien

Dalam proses pembuatan CMS, dapat dilakukan dalam waktu yang singkat. Hal ini tentu dapat mengefisiensi waktu dan tenaga yang akan dibutuhkan dalam pembuatan website, sehingga paling cocok bagi anda yang memiliki sedikit waktu luang. Selain dari itu, dari segi biaya pembuatan CMS juga lebih murah dibandingkan dengan membuat website dari awal yang menggunakan sistem pengkodean programer.

 

Penggunaan Mudah Dan Cepat

Salah satu kelebihan dari penggunaan CMS adalah mudah dan cepat. Bagi orang orang yang kurang paham terkait dengan sistem pemrograman, tetap dapat memuat website dengan menggunakan CMS, sehingga sangat memungkinkan bagi siapa saja yang ingin membuat website. sistem pengoprasian CMS juga tergolong cukuplah mudah, sebab tampilan admin nya sangat simpel, sehingga cukup mudah untuk dipahami oleh semua orang yang bahkan untuk para pemula sekalipun.

 

Pilihan Tema Banyak

Setiap orang yang membuat website pastinya ingin memiliki website dengan tampilan yang menarik, yang tentunya sesuai dengan selera masing masing. Dalam hal ini, penyedia template juga cukup banyak yang bahkan ada pula yang layanan yang memberikan tempat secara cuma cuma atau gratis, sehingga anda hanya perlu mengatur tata letaknya saja. 

 

Penambahan Fungsi Website

Pada awalnya, pembuatan atau penggunaan CMS hanya bertujuan untuk melakukan penerbitan artikel saja, namun jika anda memiliki kebutuhan lain dalam pembuatan website, maka anda bisa menambahkan plugin pada website CMS, yang bahkan beberapa diantaranya mendukung untuk proses SEO website. sehingga dengan plugin yang tersedia, anda dapat menambahkan beragam fungsi dalam sebuah website.

Baca juga Macam Macam CMS Dan Kegunaannya Untuk Pembuatan Website

Multi User

Untuk membangun sebuah website yang bisnis yang terkenal, tentu bukanlah hal yang mudah untuk dibangun secara individu, yang dimana anda pasti akan membutuhkan tim dalam membagi tugas untuk meningkatkan sebuah website bisnis.

Dengan menggunakan CMS, anda dapat menambah pengguna atau menambah admin dengan jumlah lebih dari satu, sebab CMS memberikan kemudahan dalam pengaturan pengguna yang dapat mengakses atau masuk ke halaman admin.

 

Maintenance Yang Mudah

Seiring dengan perkembangan teknologi yang terus maju, membuat menuntut website untuk selalu melakukan pembaruan demi memaksimalkan fungsi dari sebuah website.

Jika anda menggunakan sistem pengkodean dalam pembuatan website, pastinya anda harus melakukan perombakan secara menyeluruh, yang pastinya akan cukup memberatkan,. Berbeda dengan menggunakan CMS, yang dimana anda dapat melakukan pembaruan satu demi satu sehingga tidak akan mengganggu fungsi yang lainnya.

Setelah mengetahui beberapa alasan yang mewajibkan anda menggunakan CMS dalam pembuatan website, pastinya anda akan berpikir kembali ketika anda berencana menggunakan sistem pengkodean dalam pembuatan website. Demikianlah pembahasan artikel kali ini dan semoga saja dapat bermanfaat. 

Comments (0)
Add Comment