Mille Miglia, Pesaing Klasik andalan BMW

0

Pakar SEO – Demam mobil konsep dengan gaya retro memang benar-benar menjadi tren saat ini. Terbukti dari beberapa mobil konsep yang muncul, tema retro dikedepankan. Melihat gelagat seperti itu BMW tak mau kalah. Alhasil produsen asal Jerman ini menciptakan Mille Miglia 2006. Yang jadi acuan BMW dalam proyek Mille Miglia 2006 tidak lain sang legendaris yang pernah memenangkan balapan di tahun 1940, BMW 328 Mille Miglia Touring Coupe. Pembuatan mobil ini dilakukan di Brescia, Italia.

Tampilan mobil konsep BMW ini merupakan hasil perpaduan gaya lama dan modern. Desain atap yang digunakan Mille masih mengadopsi gaya lama dengan alasan penyesuaian volume kokpit dan bentuk pintunya dibuat agar dapat mereduksi berat kendaraan. Penyesuaian juga dilakukan pada bentuk dan berat sasis. Karakter modern terdapat pada konstruksi Mille yang menggunakan frame aluminium dan body yang terbuat dari Carbon Fibre Reinforced Plastic (CFRP).

konsep BMW Mille Miglia merupakan hasil perpaduan gaya lama dan modern
konsep BMW Mille Miglia merupakan hasil perpaduan gaya lama dan modern

Untuk tampilan, Mille banyak dipengaruhi bentuk mobil balap BMW. Alasannya jelas, aerodinamis, eksotis, dan tentunya sporty. Bonet dibikin khas mobil kupe yang dimensinya panjang. Meskipun berkiblat pada 328 namun headlamp-nya tidak diaplikasikan di sini. Disainer punya pilihan lain dengan menempatkan teknologi LED terbaru untuk penerangan. Beralih ke bodi samping dan buritan, Mille dirancang untuk bisa mengarahkan laju angin ke belakang dengan mulus. Keberadaan spoiler belakang dimaksudkan untuk memperkuat nilai aerodinamika. Masih masalah aerodinamika, Mille disempurnakan dengan penambahan diffuser berbahan carbon-fibre di bagian depan dan belakang.

Untuk urusan penciptaan tenaga, Mille Miglia sepenuhnya didukung oleh mesin BMW 6 silinder inline yang sangat ampuh. Sebagai perbandingan, tenaga yang dihasilkan oleh mesin bensin yang teraplikasi di Mille sama persis dengan mobil BMW Z4 M kupe. Meski mesin yang digunakan sama persis namun untuk Mille, BMW mengadakan sedikit ubahan pada inlet dan exhaust sistem hingga mampu menghembuskan tenaga 343 tk. Soul mobil balap dapat dirasakan saat mobil ini diaktifkan baik saat idle maupun saat full throttle.

Untuk sektor interior Mille benar benar mengawinkan antara 328 dengan Z4 yang tentunya mendapat penyempurnaan nuansa modern. Material yang digunakan hanya tiga macam. Antara lain Stainless Steel tipis, Untreated Cowhides, dan Lycra fabric. Untuk mengenang sang legenda, dibeberapa permukaan interior disematkan simbol yang dibuat menggunakan teknologi laser.

mendapat penyempurnaan nuansa modern
mendapat penyempurnaan nuansa modern

Mobil konsep ini sudah diperkenalkan ke publik. Namun keterangan berapa unit yang akan diproduksi dan berapa harga yang ditawarkan nantinya akan dikonfirmasi lebih lanjut.

Leave A Reply

Your email address will not be published.