Cara Meningkatkan Trafik Blog dengan Algoritma Terbaru

Jasa Konsultan Digital Marketing – Ketika kita berbicara mengenai meningkatkan trafik sebuah blog, maka cara aman untuk meraih hal tersebut adalah dengan mengikuti algoritma. Seperti yang kita ketahui, Google selalu melakukan update algoritma secara berkala. Setiap algoritma yang diberlakukan oleh Google memiliki cara main yang berbeda beda. Maka sudah seharusnya kita paham beberapa cara meningkatkan trafik blog yang selalu ramah algoritma.

Cara Meningkatkan Trafik Blog Sesuai Algoritma

Dari beberapa kali google melakukan update algoritma, terdapat beberapa cara yang tetap efektif untuk meningkatkan trafik dari sebuah blog. Nah bagaimana caranya.? Berikut beberapa diantaranya.

Buat konten berkualitas dan relevan

Bagi sebuah blog, konten merupakan salah satu kunci untuk mendatangkan banyak trafik. Maka dari itulah sebagai seorang blogger yang ingin mendatangkan banyak trafik perlu mengisi blognya dengan berbagai macam konten. Namun konten yang harus sejalan dengan niche dari blog. Jika niche atau topik konten sejalan dengan niche dari blog, maka akan lebih mudah robot perayap mengenal topik atau tema dari blog terkait.

Selain dari itu, blog yang mengangkat satu topik atau niche akan lebih profesional. Hal ini dikarenakan pembaca lebih mempercayai blog dengan satu niche dibandingkan dengan blog gado gado atau niche campur campur.

Gunakan media sosial

Media sosial merupakan salah satu platform pemasaran yang cukup efektif untuk meningkatkan trafik dari sebuah blog. Anda bisa memanfaatkan berbagai jenis media sosial yang populer seperti facebook, instagram, tiktok, atau lainnya sebagai media promosi konten yang telah anda terbitkan di blog anda.

Buat email marketing

Email marketing merupakan cara yang baik untuk membangun koneksi dengan pembaca. anda bisa mencoba untuk meminta dari tiap pembaca untuk mengirimkan email setiap kali mereka berkunjung ke website anda. Meskipun hal ini terdengar sedikit merepotkan namun cara ini tergolong efektif dan aman untuk meningkatkan trafik dari sebuah blog.

Baca juga Tips SEO On-Page yang Wajib Blogger Ketahui

Optimalkan kecepatan situs

Meningkatkan trafik tidak hanya selalu berkaitan dengan konten atau promosi saja, namun meningkatkan kecepatan website juga dapat mendatangkan banyak trafik ke blog anda. Hal ini dikarenakan google lebih merekomendasikan website atau blog yang memiliki tingkat kecepatan yang baik. 

Ketika website anda direkomendasikan oleh google maka sudah dapat dipastikan anda akan mendapatkan trafik dari mesin pencarian google.

Gunakan strategi backlinking

Mungkin anda pernah mendengar jika strategi backlink saat ini sudah tidak aman dan efektif lagi. Namun nyatanya dari berbagai jenis algoritma yang diterapkan google, backlink tetap menjadi faktor utama yang mampu meningkatkan ranking dan traffic dari sebuah blog, asalkan anda tau cara yang baik untuk menggunakan strategi backlink.

Pertimbangkan iklan PPC

Cara meningkatkan trafik blog yang ramah algoritma selanjutnya adalah dengan menggunakan layanan iklan PPC. Anda bisa menggunakan Google AdWords atau platform iklan sosial media untuk mempromosikan konten Anda dan menargetkan audiens yang tepat.

Perbarui konten lama

Ketika google melakukan update algoritma maka hal yang sering terjadi adalah kenaikan dan penurunan peringkat. Google kerap kali menggantikan website atau halaman pada rangking teratas. Salah satu hal sering terlihat, google kerap menggantikan website dengan konten lama dengan website yang memiliki konten baru. Maka dari sinilah kita perlu melakukan pembaharuan terhadap konten lama yang sudah tidak lagi memiliki peringkat terbaik pada hasil pencarian google.

Dengan mengikuti cara cara meningkatkan trafik blog yang ramah algoritma tersebut, pastinya anda tidak perlu pusing lagi memikirkan strategi untuk meningkatkan trafik blog anda. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.