Inilah Perbedaan Internet dan Digital Marketing yang Perlu Diketahui

Konsultan Seo – Tidak jarang, banyak yang menganggap bahwa antara digital marketing dengan internet marketing itu sama saja, sebab keduanya ditujukan untuk memasarkan produk secara online, namun akan tetapi apabila jika ditelusuri lebih dalam lagi, keduanya memiliki perbedaan yang signifikan. Lantas apa perbedaan tersebut.? terus simak artikel ini sampai selesai.

 

Apa Itu Internet Marketing dan Digital Marketing?

Pada dasarnya, seluruh kegiatan marketing yang  dilakukan melalui internet disebut sebagai internet marketing, seperti misalnya mempromosikan produk melalui facebook, instagram, tiktok dan platform online lainnya.

Sementara digital marketing merupakan bentuk pemasaran yang dilakukan secara digital dan tidak hanya dilakukan secara online saja, melainkan juga menggunakan media digital lainnya seperti misalnya pemasangan iklan pada billboard elektronik, ebook, broadcast message, televisi hingga promosi yang dilakukan melalui website dan media sosial juga masuk dalam kategori digital marketing.

 

Perbedaan Internet dan Digital Marketing 

Dari penjelasan di atas, kita dapat menyimpulkan bahwa setidaknya ada 3 hal yang membedakan antara digital marketing dengan internet marketing yaitu

 

1. Konektivitas

Perbedaan pertama yang membedakan antara internet marketing dengan digital marketing adalah konektvitasnya. Dalam menerapkan internet marketing maka anda akan membutuhkan jaringan internet untuk menjalankannya, sementara digital marketing tidak akan selamanya menggunakan koneksi internet.

 

2. Target Market

Jika dilihat dari target market nya, digital marketing memiliki target market yang lebih luas dibandingkan dengan internet marketing. Hal ini dikarenakan internet marketing hanya akan menjangkau mereka yang terhubung dengan internet atau online saja, sementara digital marketing dapat menjangkau target marketing secara online maupun offline.

 

3. Media Pemasaran

Digital marketing memiliki media pemasaran yang lebih luas dibandingkan dengan internet marketing. Internet marketing hanya akan menggunakan media pemasaran yang terhubung dengan koneksi internet, sedangkan digital marketing memiliki media pemasaran yang dapat menggunakan media online dan offline namun masih berbentuk digital.

Baca juga Teknik SEO Terbaru Yang Bisa Datangkan Banyak Trafik

Pentingnya Internet Marketing dan Digital Marketing Dalam Bisnis

Meskipun keduanya memiliki perbedaan, namun keduanya sama sama dibutuhkan dalam bisnis. Saat ini, anda tidak hanya mengandalkan promosi dengan berbagi brosur, pemasangan spanduk, dan baliho saja, namun juga akan membutuhkan promosi dalam bentuk digital. adapun manfaat jika anda menerapkan digital marketing di dalam promosi bisnis antara lain yaitu

 

1. Memperluas Jangkauan Pasar

Manfaat pertama dalam menerapkan internet marketing atau digital marketing dalam dapat memperluas jangkauan pasar. Anda bisa menjangkau target pasar yang berada di area luar daerah anda dan bahkan menariknya lagi anda juga bisa menjangkau pasar luar negeri sekalipun.

Untuk memperoleh manfaat tersebut, tentu anda tidak dapat memperolehnya hanya dengan membagikan atau mempromosikan bisnis anda digital saja, namun juga penting untuk menerapkan strategi di dalamnya seperti misalnya social media marketing, SEO, Ads, dan lain sebagainya.

Intinya, semakin baik anda menerapkan strategi di dalamnya maka akan semakin luas pula jangkauan dari bisnis anda.

 

2. Meningkatkan Penjualan Bisnis

Salah satu cara untuk meningkatkan penjualan dalam bisnis adalah dengan memperluas jangkauan marketing. Semakin luas jangkauan bisnis anda, maka akan makin besar peluang anda dalam menciptakan penjualan.

Namun hal ini juga harus disertai dengan pelayanan yang baik, sebab keputusan akhir dari seorang customer adalah terletak pada seberapa puas mereka dengan pelayanan anda. apabila anda mampu membuat pelanggan anda merasa puas, maka bukanlah hal yang tidak mungkin mereka akan kembali di lain waktu.

 

3. Menghemat Biaya Operasional

Jika dinilai dari segi biaya operasional, digital marketing dapat menghemat biaya promosi dibandingkan dengan biaya promosi menggunakan spanduk atau baliho. Dengan menggunakan metode digital marketing anda dapat menekan biaya pengeluaran untuk promosi dan bahkan anda juga bisa melakukan promosi secara gratis seperti misalnya membagikan konten promosi di facebook, instagram dan lain lain.

Nah itulah beberapa perbedaan dari internet marketing dan digital marketing. Semoga bermanfaat..!!