Para Guru Terbaik di Bidang Internet Marketing yang Pernah Mengajari Saya

Guru SEO Setelah mengantarkan anak ke sekolah pagi ini, ane baru tahu bahwa besok adalah peringatan Hari Guru.

Teringat ane beberapa wajah guru yang banyak memberikan manfaat dalam kehidupan ini, baik sejak SD hingga kuliah. Dari yang tidak bisa membaca sampai sekarang membuka lapangan kerja (alhamdulillah)..
Terima kasih semuanya. 

But, disini ane mau bahas beberapa guru yang memberikan pengaruh besar di dunia online (Internet Marketing) karena emang sejak ane tamat kuliah sampai sekarang, bisa dikatakan 100% pekerjaan yang ane lakukan beserta penghasilannya didapat dari ilmu2 mereka.

Best Teacher make Best Student

Siapa ajah? yuk kita bahas, mana tahu disini ada “kakak seperguruan” ane, hehehe 

1. Anne Ahira.
Guru pertama yg mengenalkan ane SEO & Google Adsense. yang bikin ane terjun dan ga mau kalah dengan kawan kuliah ane saat itu si “chuky”. Diam-diam ane juga belajar dari mbak ane di Asian Brain 2009-2010.

2. Bramantya Farid,
Ane memutuskan belajar ke beliau krn tertarik bahwa beliau pernah Juara SEO Internasional. Ane yg dulunya sering ikut kontes seo seperti seo wisata pandeglang, seo “kerja keras adalah energi kita”, dll tapi ga pernah menang. Alhamdulillah setelah masuk Seo Academy milik mas Bram, beberapa kontes seo pun dijuarai. 

3. Latief Pakpahan,
well ini yang menginspirasi ane untuk membuka jasa seo yang lebih professional. Mengenal beliau sejak masuk di Kelas Pejwan, walaupun ini guru termasuk bawel, tapi gile, maenya corporate terus euy..

Apalagi sejak dia membuka beskem Kelas Pejwan, lihat mereka makan-makan bareng team di kantornya membuat ane berujar dalam hati..

“Aku harus bisa buat kantor dan bangun team seperti dia, dan mulai fokus menangani jasa seo kelas corporate ajah”
Alhamdulillah impian ane itu dah terwujud hingga sekarang 

4. Syamsul Alam,
kalau ga salah ane masuk kelas onlinenya mas Syamsul beberapa bulan setelah di Kelas Pejwan. Dari sini juga ane belajar ilmu “link Juice”, bangun backlink “terputus” dan banyak lagi lainnya.

5. Hemawan Aderu,
Masa2 hebohnya dunia facebook ads, alhamdulilah ane daftar di kelasnya FB to Hero walaupun akun pertama ane di 2011 yang masih pake paypal sudah kena AME 

2011 inilah ane lgsung praktek fb adsnya untuk terjuan jualan sprei bersama istri. Juga membuka jasa fb ads untuk kawan-kawan dekat baik jualan gazebo bambu, sprei kintakun, mantel mobil, kopi, printer, pancake durian, dan lain-lain. Alhamdulillah laporan mereka semua responnya bagus dan closing. 

6. Mochammad Masbuchin,
Guru ageceh di Ninja Dojo. Disini ane termasuk pemalu di kelasnya. Lebih memilih silent reader dengan pelan-pelan belajar dari toolsnya. Alhamdulillah sempat merasakan manisnya Dollar dengan web wallpaper. 

“tapi mas, masuk kelas mreka kan udah kita bayar”
yah, ente masuk sekolah SD pun juga bayar tapi lihat hasilnya ente bisa baca tulis hingga sekarang…!!

Hargailah Gurumu, jangan pernah menyakiti hati mereka, apalagi mendzolimi mereka atau menjelek-jelekan mereka, Jangan Pernah sob…!! 

Ohya tambahan,,
guru itu juga ga harus orang2 yang mengajarkan kita di kelas berbayarnya. Orang yg duduk-duduk santai dengan kita namun memberikan ilmu yg sangat bermanfaat juga bisa dikatakan sebagai Guru.

Adalagi ane kelupaan yakni om Anjar Sulistyo. Sejak diikutsertakan ane kedalam team penulisnya, ane belajar banyak soal dunia GNews (Google News) baik bagaimana cara daftarnya, cara penulisan yang baik untuk media (yang berbeda banget dengan tulisan blog pribadi), juga cara manage team online seperti cara penggajian, cara membagi dan memonitor kinerja, dan lainnya thanks suhu…!! 

Well,, sekarang pun masih tetap belajar walaupun lebih sering belajarnya ke para bule seperti Brian Dean, Mathew Woodward, Curt Malys, Jason Harnung, Jon Loomer dan lain-lain

Tapi guruguru yang ane sebut di ataslah yang pertama kali membuka dan mengarahkan ane ke dunia mereka masing-masing dan sekali lagi ane mengucapkan Terima Kasih Sensei…!! 

Selamat Hari Guru..!!