Keunggulan Menggunakan Top Domain Level .Net/.Com

636

Pakar SEO – Keunggulan Menggunakan Top Domain Level .net/.com merupakan salah satu faktor yang bisa menambah rasa kepercayaan diri saya terhadap web sendiri. Memiliki website berdomain .com dibandingkan masih bersubdomain gratisan bisa dianggap sebagai blogger professional, terlebih lagi adanya aktivitas saya yang sering tampil menjadi pembicara Internet Marketing/blogger Medan, tentu menggunakan top domain level .com menjadi faktor yang sangat penting untuk website yang saya fungsikan sebagai sarana berbagi ilmu, berbagi cerita, juga sebagai web profile/portfolio bagi beberapa panitia pelaksana untuk lebih mengenal saya. ?

Salah satu event yang sempat didokumentasikan berupa video yakni acara Road Blog SEO Medan. Suatu acara Roadshow di 10 Kota besar Indonesia bersama beberapa narasumber dari sponsor yang terkenal seperti TravelokaPegadaianLembaga Sensor Film Republik Indonesia dan juga Genflix. Alhamdulillah saya juga terpilih menjadi salah satu narasumber di acara tersebut. Tonton videonya di bawah ini :

Sebelum kita membahas lebih banyak lagi terkait apa saja Keunggulan Menggunakan Top Domain Level .net/.com yang bisa kita dapatkan. Kita harusnya sudah tahu terlebih dahulu apa yang dimaksud dengan domain dan top domain level.

Domain adalah Nama unik untuk setiap url homepage. Setiap orang bisa memilih nama domain apa saja selama domain itu masih tersedia atau belum diambil orang lain. Dan domain itu selalu diakhiri dengan ekstension atau biasa disebut Top Level Domain (TLD) yang diawali dengan tanda titik (.) diakhir namanya. Beberapa TLD domain yang populer di Indonesia yakni .com dan .net.

Jadi jika kita mempunyai nama/brand contohnya zulfirman, silahkan periksa ketersediaan domainnya untuk zulfirman.com atau zulfirman.net di DotComForMe dan cukup pilih salah satu. ?

Nah, sudah tahu bukan apa itu domain dan TLD? Sekarang kita akan membahas apa saja Keunggulan Menggunakan Top Domain Level .net/.com baik untuk UKM dan pebisnis maupun untuk Personal (Blogger). Yuk kita lanjut diskusinya….

Keunggulan Menggunakan Top Domain Level .net/.com bagi UKM dan Bisnis

Bagi para pelaku UKM dan pebisnis online, menggunakan Top Domain Level .net/.com pada websitenya memiliki keunggulan tersendiri. Terlebih bagi para UKM yang ingin mendapatkan pinjaman kredit dari Bank. Seperti halnya kisah saya dan tim dalam membantu 5 UKM di Sumatera Utara yang baru saja bergabung di UMKM Binaan Bank Indonesia.

Pada waktu itu, salah satu syarat agar diterima pihak Bank Indonesia, disebutkan bahwa para UMKM tersebut haruslah memilliki website aktif berdomain .com/.net pada sewaktu disurvey. Alhamdulillah kami berhasil membantu mereka memenuhi semua syaratnya hingga lulus.

Ga cuma itu saja, masih ada beberapa manfaat top domain level .net/.com bagi pebisnis yang bisa kita dapatkan yakni :

“Top Domain Level .net/.com bisa bikin webmu lebih terpercaya, brand Bonafit, dan Mudah dicari Visitor”

  1. Lebih Terpercaya

Walaupun banyak pelaku toko online pemula menggunakan url domain gratisan. Tetapi dengan merubah custom domain kita menjadi top domain level .net/.com bisa meningkatkan kepercayaan calon pembeli, memberikan kesan kepada mereka bahwa bisnis kita memang untuk diseriusin, bukan sekedar coba-coba atau untuk menipu.

  1. Brand lebih Bonafit dan Professional

Lihat lagi gambar di atas. Logika saja mana mungkin sekelas perusahaan perbankan seperti BRI menggunakan domain gratisan? Nah seperti itulah anggapan calon pelanggan anda jika mengetahui bahwa perusahaan anda masih menggunakan domain gratisan.

Dalam hal branding juga, ada istilah Good Design is Good Business. Design promosi yang buruk saja bisa menimbulkan kesan brand menjadi “jelek” dan “amatir”.

Begitu juga dalam halnya pemilihan Domain. Menggunakan top domain level .net/.com dapat meningkatkan citra branding bisnis itu sendiri.

Sebaliknya, sebagus apapun bisnis yang sudah kita kelola, jika masih menggunakan domain gratisan malah bisa menjatuhkan dan menjelakkan citra brand itu sendiri. Bisa saja kesannya terlihat termurahan, perusahaan miskin, atau bahkan perusahaan pelit. Jangan sampe deh dicap seperti itu, hehehe ?

  1. Brand lebih Mudah diingat dan dicari

Pernah mencoba mengetikkan suatu alamat website dari browser smartphonemu?! Tentu kita akan menemukan tombol “.com” yang akan muncul hanya sewaktu kita sedang berselancar di dunia maya saja. Nah, apabila websitemu belum menggunakan domain top level .com/.net., tombol .com inilah yang bisa membuatmu kehilangan “calon pelanggan” karena nyasar ke website lain.

Umumnya orang Indonesia selalu familiar dengan .com/.net. Jika mereka ingat nama brand atau suatu produk seperti tokopedia, maka mereka akan langsung mengetik di address bar dengan alamat url tokopedia.com, bukan tld lain yang terkadang jarang terdengar. Apalagi dengan url domain gratisan yang sering sulit dieja.

4. Memiliki Custom Private Email yang Lebih Branded

Memiliki website dengan top domain level .net/.com biasanya akan mendapatkan fitur Custom Private Email sesuai domainnya. Bagi perusahaan hal ini juga dapat meningkatkan branding, menambah nilai “trust” atau kepercayaan pengirim email, juga memudahkan manajemen kontak email baik untuk internal antar pegawai maupun antara perusahaan dengan klien.

Sebagai contoh, apabila domain perusahaan adalah abc.com maka email dapat dibuat menjadi admin@abc.com. Beberapa contoh email yang sering dibuat oleh perusahaan yakni admin@namadomain.com, cs@namadomain.com, hrd@namadomain.com, info@namadomain.com, dan billing@namadomain.com.

Dan bagi blogger sendiri, menggunakan custom email dari top domain level .net/.com juga menambah kepercayaan diri, terlebih sewaktu mengisi form seminar atau workshop. Contohnya seperti saya sendiri membuat email dengan alamat gue@zulfirman.com.

Terkhusus blogger iseng, bisa juga sih buat gaya-gayaan atau sekedar lucu-lucuan membuat email unik seperti meme gmail zlatan yang sempat heboh beredar. ?

Keunggulan Menggunakan Top Domain Level .com/.net bagi Personal/Blogger

Selain 3 hal keunggulan yang telah kita sebutkan di atas, seorang Blogger juga bisa memiliki keunggulan lainnya jika menggunakan Top Domain Level .com/.net diantaranya yakni :

  1. Mendapatkan Job Review

Kebanyakan salah satu syarat untuk mendapatkan job review atau sponsored post yaitu website harus menggunakan Top Domain Level .net/.com. Jadi job review ini bisa berguna sebagai bahan untuk ngeblog, dan artikel yang dipesan oleh sponsor tadi juga dibayar agar dapat menambah penghasilan para blogger.

6. Memiliki Akun Google Adsense Non Hosted

Salah satu syarat untuk memiliki akun Google Adsense NonHosted menggunakan top Domain Level .net/.com. Sehingga apabila satu saja web kita sudah diterima, maka kita bisa dengan bebas menyisipkan kode iklan google adsense ke web lainnya. Berbeda halnya jika awalnya kita mendaftar adsense menggunakan domain blogspot gratisan. Kode iklan adsense tidak dapat kita letakkan di website .net/com karena harus melalui proses review ulang kembali.

7. Memiliki harga Mahal untuk dijual Kembali

Pernah saya memiliki domain bukukeluargaislam.com. Dibeli sekitar tahun 2012, namun entah mengapa dulu sengaja tidak memperpanjangnya. Nah, pas ditahun 2014, iseng-iseng saya coba membeli kembali domain tersebut, hasilnya malah domain itu menjadi Domain Premium yang harganya lebih 30x lipat dari harga domain biasa. Tentunya ada rasa penyesalan kala itu, namun alhamdulillah Oktober 2016 lalu saya mencoba mendaftarkan kembali domain itu dan hasilnya, domain kembali ke harga normal dan langsung saja saya eksekusi untuk dimiliki kembali. ^_^

Beberapa blogger ada yang berbisnis jual-beli domain baik melalui layanan jual-beli domain seperti flippa, maupun jual langsung ke teman. Dan di pasaran pun top Domain Level .net/.com memiliki harga yang lebih tinggi daripada domain lain.

Jadi bisa dikatakan memiliki top Domain Level .net/.com juga bermanfaat untuk investasi masa depan kita. ?

8. Bisa ikut Lomba Blog dengan Mudah

Untuk menambah penghasilan, seorang blogger kadang memilih untuk ikut dalam kompetisi blog. Namun kadangkala beberapa panitia penyelenggata mewajibkan peserta memiliki top domain level .net/.com, sehingga jika kita hanya mengandalkan domain gratisan saja, tentulah tidak memenuhi syarat ini.

Salah satu contoh kompetisi blogger yang tidak membolehkan menggunakan domain gratisan yakni Kompetisi Blog dari dotcomforme yang sedang saya ikuti yang banernya ada di bawah ini ?

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.