Gaya Hidup Jantung Sehat yang Mudah ala Blogger

0

Pakar SEO Sebagai seorang fulltime blogger menjaga hidup sehat untuk jantung sehat selalu saya upayakan. Nah di artikel ini kita akan bahas Gaya Hidup Jantung Sehat yang Mudah ala Blogger plus tidak bikin ribet tentunya untuk dipraktekkan.

Kebanyakan orang berpikir gaya hidup sehat untuk jantung sehat itu haruslah mahal dan selalu makan yang tidak enak. Harus beli suplemen mahal ini dan itu, tidak boleh konsumsi yang enak-enak, dan hanya makan sayuran seperti orang vegetarian. Namun itu salah karena mereka belum mengetahui informasi selengkapnya.  ^_^

Bagi seorang blogger, sangat penting memperhatikan kesehatan jantungnya.  Karena rata-rata orang seperti kami kebanyakan di depan laptop dan jarang melakukan aktivitas gerakan tubuh kecuali jari dan tangan saja. Ditambah lagi sebagian orang semakin memperparahnya dengan sering mengkonsumsi gula berlebih yang beresiko diabetes, merokok, dan gejala obesitas (kegemukan lemak tubuh).

Kenali Ciri-ciri Umum Gejala Awal indikasi Penyakit Jantung

Nah, sebelum kita masuk bagaimana tips mudah menjaga jantung yang sehat, yuk ktia kenali terlebih dahulu gejala awalnya, apakah kita sering mengalaminya atau tidak.

  1. Nyeri pada dada, biasa disertai jantung seperti di rema-remas
  2. Sering berkeringat padahal tidak melakukan aktivitas berat, umumnya sih sering ada di area telapak tangan.
  3. mudah lelah berlebihan, apalagi jika baru saja mulai melakukan aktivitas berat seperti memindahkan perabotan rumah yang besar, atau melakukan jogging sebentar.
  4. sering sakit kepala tiba-tiba
  5. Nafsu makan menurun, biasanya di ikuti dengan mual dan muntah.
  6. nyeri pada lengan, tulang leher belakang, rahang dan lengan.
  7. dan gejala lainnya, bisa dilihat pada diagram di bawah ini :

gejala awal serangan jantung

Wow, apakah sobat ada mengalami salah satu atau beberapa di antaranya? Jika ada segeralah berkonsultasi pada dokter untuk lebih amannya. hehe

Dan jangan lupa ikuti tips menjaga jantung sehat berikut ini.

Menjaga jantung sehat ternyata Mudah, bisa makan enak juga

Banyak hal-hal yang sepertinya sepele namun bisa mengurangi resiko terkena serangan jantung. Beberapa hal yang mudah kita lakukan sebagai gaya hidup sehat untuk jantung sehat yakni :

  1. Mengkonsumsi Makanan Sehat

Tidak salah lagi, sayur-sayuran dan buah termasuk konsumsi diet sehat untuk jantung yang sehat.

Beberapa buah yang direkomendasikan untuk menjaga kesehatan jantung yakni : Alpokat, Blueberry, Jeruk, Pepaya, jeruk, Tomat, Anggur dan Buah Kenari

Beberapa sayuran yang direkomendasikan yakni : kacang almond, kacang polong, paprika merah, oatmeal , kubis dan bayam.

  1. Konsumsi Makanan/Minuman Alternatif untuk Jantung Sehat

Masih seputar makanan, beberapa makanan/minuman pengganti yang saya gunakan untuk menjaga kesehatan jantung yakni :

a. Minum kopi, green tea atau segelas air madu.

Kopi dapat mengurangi resiko terkena serangan jantung. Dengan minum 1-3 gelas kopi sehari dapat mengurangi 20% serangan jantung pada orang-orang yang detak jantungnya tidak normal.

Green tea merupakan salah satu minuman kesehatan di dunia yang dapat mengurangi resiko serangan jantung dan stroke. Sementara 2-3 sendok madu yang kita campur dengan segelas air juga salah satu cara menikmati madu, hal ini untuk mengurangi ketergantungan dengan gula.

b. Makan ikan? Boleh juga kok.

Tuna dan Salmon adalah dua ikan yang direkomendasikan buat menjaga kesehatan jantung. Selain mengandung Omega3, ikan ini juga menghasilkan banyak protein, Vitamin B13 dan D

c. Ganti coklat Biasa anda dengan Dark Chocolate

Lho, kok coklat? Iya benar, coklat, tapi bukan coklat biasa melainkan coklat hitam.

Coklat ini mengandung sebuah komponen yang disebut Flavanols yang berfungsi sebagai anti oksidan dan anti imflammatory untuk menyeimbangkan gula darah dan kolesterol.

Terkait soal makan sehat, mana-mana saja yang direkomendasikan buat kesehatan jantung, dan mana yang harus dihindarkan bisa dilihat tabel makanan sehat dari Tulane Medical Center di bawah ini :

tabel makanan sehat dari tulane medical center

  1. Jogging di pagi hari 15-30 menit

Atau berjalanlah sekitar 5 menit apabila kamu sudah duduk berjam-jam di depan laptop. Sembari untu istirahatkan pikiran, buat segelas minuman, atau kegiatan lainnya.

pengaruh banyak jalan kaki bagi kesehatan
pengaruh banyak jalan kaki bagi kesehatan

Membuang remote tv ktia dirumah juga bisa menjadi pilihan untuk membuat tubuh lebih banyak bergerak.

  1. Perbesar Otot, Kurangi Lemak

Nah, ini bagi kamu yang memang punya banyak waktu untuk melakukan fitness atau latihan di rumah untuk perbesar otot dan mengurangi lemak tubuh (kalori).

  1. Kurangi merokok atau tidak sama sekali

Dan menjauhlah dari asap rokok orang lain karena perokok pasif jauh lebih bahaya dampaknya untuk kesehatan. Para perokok berpeluang 2-4 kali lebih besar terkena serangan jantung.

  1. Berhiburlah yang bisa membuatmu Tertawa

Yupz, tertawa bisa menyebabkan pembuluh darah membesar sebesar 22% untuk meningkatkan aliran darah dan mengurangi tekanan darah. Jadi jika mulai jenuh, tontonlah video lucu atau bergabunglah dengan teman-temanmu yang bisa membuatmu tertawa.

  1. Tidur yang Cukup (Tidak kurang dan tidak lebih)

Terlalu sedikit tidur dapat menempatkan kita pada 48% lebih tinggi resiko terkena penyakit jantung. Dan terlalu banyak bisa memberikan kita 38% terkena penyakit jantung. Lalu berapa jam tidur yang ideal bagi kesehatan? Yakni sekitar 7-8 jam dalam sehari.

Nah begitulah beberapa tips dari saya menjaga kesehatan untuk jantung sehat. Sangat mudah dipraktekkan bukan?! Tapi jangan hanya sekedar praktek, namun jadikanlah menjadi sebuah kebiasaan (gaya hidup) kita sehari-hari.

Salam blogger

Leave A Reply

Your email address will not be published.