5 Tips Bermanfaat untuk Menjadi Pembicara Publik yang Lebih Baik

Pakar SEO – Saya ingat tahun pertama kuliah saya seperti kemarin (narator: bukan). Saya sangat cepat belajar jurnalisme bukan jurusan yang tepat, saya tidak dibangun untuk kelas jam 8 pagi, dan membayar untuk mencuci pakaian saya sendiri adalah konsep yang konyol.

Namun, ketika saya mempelajari semua hal yang tidak saya sukai, saya juga belajar tentang hal-hal yang saya sukai. Contoh kasus: berbicara di depan umum.

Semua mahasiswa baru diwajibkan mengikuti seminar berbicara di depan umum. Meskipun saya terpompa untuk naik ke sana dan menghibur semua orang dengan kisah-kisah hidup saya, teman-teman saya ketakutan.

Apa masalahnya? Apa yang begitu sulit tentang berdiri di depan kelas dan menceritakan sebuah kisah?

Ternyata, banyak.

Ada sejumlah statistik di luar sana tentang ketakutan berbicara di depan umum tetapi sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 2017 menempatkan angka tersebut sekitar 65 persen. Pikirkan itu – untuk setiap 10 orang yang Anda kenal, setidaknya 6 dari mereka takut berbicara di depan umum.

Masalahnya adalah, ketakutan itu dapat menyebabkan masalah dalam karier kita. Ketakutan berbicara di depan umum dapat menyebabkan upah 10 persen lebih rendah dan mengurangi peluang Anda dipromosikan menjadi manajemen.

Bagi siapa pun dalam pemasaran, dan khususnya pencarian, kemampuan untuk berkomunikasi adalah masalah besar. Dari presentasi internal hingga panggilan dengan klien atau prospek, kemampuan berkomunikasi sangat penting bagi keberhasilan kita.

Jadi bagaimana kita mengatasi rasa takut ini?

Bagaimana kita meningkatkan keterampilan berbicara di depan umum kita?

Tidak ada satu jawaban tetapi pasti ada taktik terbukti di luar sana yang bisa kita gunakan. Mari kita melompat.

1. Jangan Takut Gagal

5 Cara untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara di Depan Umum Anda

Dalam buku Scott Berkun, ” Confessions of a Public Speaker “, ia berbicara tentang melepaskan kesempurnaan:

“Jika suatu bencana terjadi, sesuatu meledak atau saya tersandung dan jatuh, saya akan mendapat lebih banyak perhatian dari para penonton daripada yang mungkin saya miliki 30 detik sebelumnya. Dan jika saya tidak terlalu peduli dengan bencana saya, saya bisa menggunakan perhatian yang saya peroleh untuk melakukan sesuatu yang baik dengan itu – apa pun yang saya katakan selanjutnya, mereka pasti ingat … Jika Anda ingin menjadi pandai dalam sesuatu , hal pertama yang keluar dari jendela adalah gagasan tentang kesempurnaan. ”

Anda mungkin akan mengacaukannya. Saya tidak dapat memberi tahu Anda berapa kali saya mengatakan hal yang salah, salah mengeja sesuatu dalam laporan, atau dalam satu kasus, mengatur waktu yang salah pada presentasi SearchLove saya. Aduh!

Jangan mengharapkan kesempurnaan. Ketahuilah bahwa orang-orang di sekitar Anda juga tidak mengharapkan kesempurnaan.

Salah satu hal yang kami ajarkan kepada tim kami dalam hal komunikasi adalah tidak apa-apa untuk mengatakan Anda tidak tahu.

Jika kami melakukan panggilan klien dan seseorang tidak tahu jawaban atas sebuah pertanyaan, tidak apa-apa. Mungkin orang lain dapat membantu – tetapi jika tidak, kami hanya mengatakan kami akan kembali kepada mereka ASAP.

Rasa takut berbicara di depan umum sering dikaitkan dengan rasa takut akan kegagalan. Seperti yang dicatat Berkun, kuncinya adalah terus berjalan dan jangan biarkan rasa takut itu menghalangi hal yang baik.

2. Berlatih. Praktek. Praktek.

Saya sedang berjalan di lorong-lorong MozCon Juli lalu dan saya bertemu Wil Reynolds , headphone masuk, mondar-mandir di lorong, seperti animasi seperti biasa. Sesi dia akan datang dan dia berlatih presentasinya.

Sekarang, jika Anda pernah melihatnya berbicara, Anda tahu dia adalah salah satu yang terbaik di luar sana. Apa artinya itu bagi kita? Jika Reynolds harus berlatih, maka kita juga demikian.

Apakah Anda memberikan presentasi di ruang konferensi atau pusat konferensi, luangkan waktu untuk memperbaikinya. Uraikan apa yang ingin Anda katakan, baca slide Anda dengan keras, dan lanjutkan.

Sekarang, ada orang-orang di luar sana yang akan memberi tahu Anda ada yang namanya terlalu banyak latihan, dan saya tidak setuju ( ini sebenarnya artikel yang cukup bagus). Yang sedang berkata, mengetahui materi Anda tidak pernah merupakan hal yang buruk.

Ingin berlatih ke level selanjutnya?

Berikut adalah beberapa cara lain untuk memaksimalkan sesi latihan Anda:

Rekam Diri Anda di Video

Ya, saya menyadari bahwa tidak ada di antara kita yang menyukai suara kita atau cara kita memandang kamera tetapi terlalu buruk. Seperti itulah suara Anda dan seperti itulah penampilan Anda.

Sebaliknya, fokuslah pada presentasi itu sendiri.

Apakah yang dikatakan jelas? Apakah ada batu sandungan? Apa yang harus Anda ubah?

Berlatih dengan Teman atau Rekan Kerja

Sebelum presentasi baru-baru ini, saya duduk dengan sesama pembicara dan kami masing-masing memeriksa deck kami.

Dia menangkap beberapa hal yang belum saya lakukan dan saya dapat menyesuaikan pesan saya sebelum pembicaraan saya.

Kenali Lingkungan Anda

Jika Anda akan memberikan presentasi di ruang konferensi besar dengan 25 orang dan telepon gema, maka berlatihlah seolah-olah Anda berada di ruang konferensi besar dengan 25 orang dan telepon gema.

Heck, jalankan sesi latihan di ruangan jika memungkinkan. Hal yang sama berlaku untuk berbicara di atas panggung.

Meskipun Anda mungkin tidak dapat berlatih di panggung yang sebenarnya, Anda harus berlatih berdiri. Ini akan memberi Anda perasaan yang lebih baik untuk bahasa tubuh Anda dan gerakan tangan apa pun yang dapat Anda gunakan.

3. Minta Umpan Balik 

5 Cara untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara di Depan Umum Anda

Saya akan menjadi yang pertama mengakui bahwa umpan balik bisa menyakitkan. Lagi pula, tidak ada yang mau diberi tahu apa yang tidak mereka kuasai.

Masalahnya, kita tidak akan mendapatkan kehidupan yang lebih baik di dunia di mana semua orang memberi tahu kita betapa menakjubkannya kita. Saya suka ketika konferensi mengirim umpan balik setelah pertunjukan. Ini memberi tahu saya di mana saya dapat meningkatkan dan apa yang harus saya ubah untuk waktu berikutnya.

Tetapi bagaimana kita mendapatkan umpan balik dalam kehidupan sehari-hari kita, ketika kita tidak di atas panggung atau di suatu acara?

Salah satu hal yang kami lakukan di organisasi kami adalah membuat catatan selama presentasi. Misalnya, ketika seorang manajer akun sedang meninjau presentasi, saya mencatat apa yang mereka lakukan dengan baik dan apa yang dapat mereka tingkatkan. Ketika pertemuan selesai, kami kemudian membahas poin-poin spesifik.

Memperbaiki komunikasi dalam waktu nyata itu sulit tetapi ada peluang jika Anda memintanya.

4. Beralih ke Pros

Beberapa hari yang lalu, kolega saya memberi tahu saya tentang kampanye At & T “ Just OK is Not OK ”. Pertama, iklannya cukup lucu dan kedua, pokoknya lebih luas, kami tidak hanya ingin OK – kami menginginkan yang terbaik.

Jika Anda ingin menjadi pembicara publik yang hebat, habiskan waktu belajar dari yang terbaik.

Berikut adalah beberapa tempat untuk dikunjungi:

Pembicaraan TED

Semua orang melihat TED Talks sebagai contoh untuk berbicara di depan umum. Walaupun pembicara benar-benar adalah yang terbaik di luar sana, apa yang membuatnya sangat berharga bagi saya adalah cara mereka mengomunikasikan sebuah cerita dalam waktu yang begitu singkat.

Menyampaikan pendapat Anda dan membuat audiensi tetap terlibat adalah kunci untuk menjadi pembicara publik yang sukses. Habiskan satu atau dua jam makan siang untuk melihat bagaimana hal itu dilakukan.

Toastmaster

Toastmasters adalah organisasi internasional yang berfokus pada pengembangan keterampilan komunikasi dan berbicara di depan umum. Mereka telah ada sejak waktu yang sangat lama dan memiliki cabang lokal di sebagian besar kota.

Saya memiliki beberapa teman yang bersumpah dengan pertemuan dan kami benar-benar menggunakannya untuk membantu menumbuhkan keahlian tim kami. Biaya minimal dan ini cara yang bagus untuk melemparkan diri Anda ke dalam api.

Improv

Improv mungkin menjadi hal yang paling menakutkan dalam daftar ini, tetapi hal terbaiknya adalah Anda dapat mengikuti satu atau dua kelas dan merasakan keterampilan yang Anda butuhkan untuk menjadi pembicara yang baik.

Sebagian besar tidak memerlukan komitmen dan itu bisa menjadi cara yang menyenangkan untuk belajar. Hei, jika itu cukup baik untuk Michael Scott, itu cukup baik untukku.

5. Lakukan lagi. Dan lagi. 

5 Cara untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara di Depan Umum Anda

Pada titik ini, saya pikir kita semua akrab dengan konsep 10.000 jam Gladwell. Apakah Anda percaya itu benar atau salah , gagasan bahwa kita hanya bisa menjadi lebih baik dalam sesuatu dengan melakukannya berulang kali tidak persis mengejutkan.

Hal yang sama berlaku untuk berbicara di depan umum. Saya telah menyaksikan anggota tim beralih dari suara seperti gelisah gugup pada panggilan telepon menjadi presentasi terkemuka dengan CEO. Saya telah menyaksikan dengan kagum ketika rekan-rekan pencarian sesama tumbuh dari panelis menjadi pembicara utama internasional. Semua ini dicapai dengan pengulangan.

Jika presentasi Anda buruk, fokuslah untuk menjadi lebih baik di waktu berikutnya. Jika Anda menerima kurang dari umpan balik bintang, fokuslah untuk mengambil umpan balik itu dan mengintegrasikannya ke presentasi Anda berikutnya.

Kesempurnaan Tidak Mungkin & Tidak Apa-apa!

Terlepas dari apa yang mungkin saya pikirkan sebagai tahun pertama kuliah saya, saya mulai menyadari bahwa berbicara di depan umum tidak mudah dan tentu saja bukan sesuatu yang sebagian besar dari kita dilahirkan untuk menjadi ahli. Dibutuhkan latihan dan bahkan pro kemungkinan latihan di belakang panggung.

Berbicara di depan umum menuntut kita untuk mengatasi ketakutan kita dan percaya diri dengan apa yang kita ketahui. Sesuatu yang tentu saja lebih mudah diucapkan daripada dilakukan.

Jika Anda ingin berbicara di depan umum atau meningkatkan komunikasi Anda, saya sangat merekomendasikan untuk mengandalkan orang-orang di sekitar Anda.

Minta atasan atau kolega Anda untuk memberi Anda catatan. Minta teman atau teman sekamar untuk menonton Anda berlatih. Ingat, umpan balik mereka hanya akan membantu Anda menjadi lebih baik.

Yang terpenting, ingatlah bahwa kesempurnaan tidak mungkin dan jika Anda mengacaukannya, itu mungkin akan membuat Anda lebih menarik.

Comments