Salah Pilih Klien SEO

Pembicara Internet Marketing- Tiap hidup Manusia pasti memiliki kesalahan yang tidak ingin di ulanginya lagi. Dalam pemilihan klien SEO pun begitu. Pernah di tahun 2010, ane ditawarin untuk mentraining bebrapa pegawai penerbit buku cabang Medan yang pusatnya di Jawa selama 3 bulan.

Alasan mreka minta di training, karena hasil penjualan buku-buku dari cabang Medan, slalu kalah dr rekan2 mreka yg di Jawa. Dan mreka mengatakan salah satunya yakni rekan2 mreka yg di jawa memanfaatkan blog2 pribadi utk mendongkrak penjualan.

Mulailah ane mengajarin dr pmbuatan blog gratisan (dlm hal ini blogger), managemen blogspot (artikel, label, pmunatan menu utama, mengubah templae, dll) smpe ke SEO nya. Alhamdulillah mereka mudah menerimanya dan tugas2 slalu mreka jalankan dgn baik.

dan slama trainig tsb, ane juga “terpaksa” mmbuat blog dr awal juga agar bareng2 bersama mereka dan menjadi motivasi mreka smpe2 tiga produk andalan mreka nangkring di pejwan cukup lama. di artiel blog ane itu, ane sertakan nomor hape mreka dan trnyata bnyak telpon2 masuk krn melihat blog ane yg pejwan. senang juga sih mendapat laporan penjualan itu krn niat kita mmbantu bisa tercapai.

Hingga akhirnya suatu hari, ane memutuskan untuk menghapus seluruh artikel2 produk tersebut, menghapus seluruh dummy dan berusaha menghilangkan blog ane dr SERP dgn keyword tsb? Lho kenapa??? Itulah kebodohon ane yg terlambat mengetahui suatu informasi.

Keyword yg ane optimasi di pejwan tsb yakni “Ensiklopedi Bocah Muslim”, “Tafsir al-Misbah” dan satu lagi ane lupa yg ternyata adalah produk2 Penerbit Buku Mizan atau Mizan Dian Semesta yg dikenal dgn akidah Syi’ahnya.
Na’udzubillah…

Semoga ane dan kita semua tetap di menjaga akidah dan syari’ah kita dan terhindar dr ksalahan2 spt ini.

Comments