Nissan New Serena, MPV Kenyamanan di atas Segalanya
Nissan New Serena, MPV Kenyamanan di atas Segalanya

Zulfirman.com – Kenyamanan dan teknologi terkini New Serena disuguhkan PT. Nissan Motor Indonesia (NMI) sebagai senjata andalan membidik segmen pasar MPV Indonesia.

Kenyamanan Di Atas Segalanya

Sejak Nissan meluncurkan Serena pada 1996, MPV ini cukup mendapat respon dari konsumen. Selain karena mahal, fitur yang menyertainya tidak lebih menonjol dibanding para kompetitornya. Tapi kini Serena tampil lebih cerdas dengan fitur lebih memadai.

Disain Nissan New Serena

Melihat sosok New Serena, perbedaan dengan pendahulunya sangatlah jauh. Hal ini dapat dilihat dari perubahan bodi kotak dengan penajaman garis-garis tegas. Kesan serba bulat tidak lagi mendominasi penampilan New Serena, boleh dibilang disainnya sepintas seperti Toyota Alphard. Dari segi ukuran New Serena memiliki panjang 4.950 mm, lebar 1.695 mm, dan tinggi 1.825 mm. Dimensi ini membuat penampilan bodi terlihat bongsor tapi tampak langsing.

Baca juga : Vivagoal Situs Berita Bola Terkini

Gaya elegan ditampilkan pada disain gril yang memiliki empat bilah horizontal. Sementara lampu utama dibuat besar dengan tiga bagian yang terpisah. Reflektornya sendiri memakai konsep potongan berlian. Sekalipun berbodi tinggi, disain kaca depan dan kap mesin sebisa mungkin dibuat segaris untuk memaksimalkan nilai streamline.

Sementara itu sisi buritan New Serena terlihat agak “kaku” bila dibandingkan kompetitornya, tampak pada model pintu belakang yang kotak datar—pintu itu biasa kita jumpai pada mobil jenis mini bus.

Interior Nissan New Serena

New Serena berkapasitas 7 tempat duduk, didukung dengan jok yang mudah diubah dan digeser menurut kebutuhan. Bangku New Serena dapat disetel hingga 10 kombinasi pengaturan tergantung kegunaan. Jok depan dan belakang dilengkapi sandaran lengan. Jarak antar jok sangat lapang. Jarak antar kursi dalam satu baris memberikan celah cukup lebar. Pola ini memungkinkan penumpang depan dan belakang berpindah tempat dengan mudah.

Layaknya mobil jenis MPV lain, New Serena juga memberikan fasilitas seperti cup holder serta meja pada jok depan yang bisa dilipat. Pembaruan tangkai transmisi yang semula terletak di lantai, menjadi di batang kemudi, juga merupakan kemudahan mengemudi.

Khusus pada tipe Highway Star (HS) dapat dijumpai beberapa fitur tambahan, seperti electric sliding control yang diatur lewat remote control, jok berlapis kulit, panel terbuat dari kayu, monitor TV, dan reserve camera belakang. Kamera tersebut membantu pengemudi memantau kondisi belakang dengan hanya memantaunya dari monitor di dasbor pada saat mobil mundur.

Di sektor keselamatan, seperti halnya Nissan X-Trail, Mobil Suv Paling Tangguh dan Nyaman, New Serena memberikan sabuk keselamatan pada setiap bangkunya. Dua kantung udara diposisikan bagi penumpang yang duduk di kursi depan.

Kinerja Mesin dan Sistem Penggerak

New Serena dibekali mesin tipe Neo QR20DE empat silinder segaris versi DOHC berkapasitas 2,0 liter. Model mesin ini mirip yang dimiliki saudara kandungnya, yaitu Nissan X-Trail. Dapur pacu New Serena mampu menghasilkan tenaga maksimal 147 tk pada 6.000 rpm.

Kami merasakan performa mobil di lalu lintas kota. Tampaknya stop and go bukanlah kendala besar besar. Tetapi bila ingin berakselerasi dengan cepat, respon mesin tidak seperti yang diharapkan. Untungnya perpindahan tiap rasio transmisi otomatis 4 kecepatannya berjalan mulus sehingga kenyamanan bisa dirasakan lagi. Suara dan getaran mesin New Serena minim hampir tidak terdengar di dalam kabin. Hal ini menunjukkan, bahwa New Serena lebih mementingkan kenyamanan mengemudi.

Stabilitas Pengendaraan dan Pengendalian

Melintasi kawasan Kertajaya (Surabaya) dan sekitarnya, kami merasa cocok untuk uji coba kestabilan pengendara dan pengendalian Nissan Serena. Alasannya? Kawasan ini memiliki beberapa kondisi jalan berbeda dan terdapat tikungan tajam. Saat mobil berjalan pada kecepatan rendah, mobil terasa nyaman dan tidak sulit mengoperasikannya. Di kondisi jalan macet New Serena masih bisa bergerak lincah walau berbodi bongsor.

New Serena mempunyai wheelbase 2.695 mm dan ground clearance 160 mm. Dengan format seperti itu stabilitas terbilang mantap saat melaju lurus. Sementara saat membelok di tikungan tajam respon sistem suspensi mampu menjaga kestabilan mobil.

Ketika kami melaju dengan kecepatan 120 km/jam, lalu dilakukan pengereman mendadak, sistem rem mobil bisa merespon dengan baik. Semua ini berkat sistem pengereman New Serena menggunakan cakram berventilasi di bagian depan dan tromol di belakang. Performanya jadi lebih baik dengan adanya ABS (Anti-Lock Brake System), EDB (Electronic Brake-Force Distribution), dan BA (Brake Assist).

Nilai Jual Nissan New Serena

Ramainya segmen MPV di Indonesia membuat persaingan ATPM untuk mematok harga dengan hati-hati. Bila harga terlalu tinggi maka tidak bisa survive, bila dipatok dengan harga rendah maka brand image akan jatuh. Untuk menjembataninya maka dibuat dua model.

Pertama model standar berharga Rp235 juta, dan model Highway Star seharga Rp275 juta. Harga damai disesuaikan dengan kebutuhan, Nissan cukup memberi pengertian tersebut.

Plus-Minus Nissan New Serena

  • Plus: Nissan Serena mempunyai keunggulan di sektor kenyamanan dan fasilitas yang diberikan.
  • Minus: Performa engine kurang responsif bila dibandingkan kompetitornya.
Berkomentar yang Sopan di bawah ini 🙂

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here