Pentingnya Memiliki Website di Masa Pandemi

Pengembangan sebuah bisnis dengan menggunakan website sangat diperlukan di masa pandemi saat ini di Indonesia yang sekarang telah masuk pada era new normal. Semua pelaku usaha maupun industri di Indonesia perlu mengambil keputusan yang bijak dan tepat untuk menyesuaikan aturan baru pada era new normal ini.  

Jika tidak mempunyai ide yang inovatif dan kreatif, pemilik usaha yang masih menjalankan bisnisnya secara offline bisa sangat kesulitan dalam bertahan di era kenormalan baru, yang akhirnya memberikan dampak yang signifikan bagi bisnisnya. Saat ini, penggunaan website di era new normal sangat penting dan tepat guna dalam mengatasi masalah physical distancing.

Banyak sekali efek positif penggunaan website dalam mengembangkan bisnis konvensional Anda di era new normal ini agar dapat dilihat oleh banyak orang kapanpun dan dimanapun sehingga dapat berkembang dengan pesat.  Berikut merupakan beberapa manfaat website untuk anda agar dapat mengembangkan bisnis dengan optimal di masa new normal.

Memiliki respon yang cepat kepada Konsumen

Website akan selalu ada dan memberikan perubahan informasi secara cepat untuk bisnis anda karena memiliki respon yang cepat. Di masa sekarang ini, meskipun Anda menjalankan bisnis konvensional, alangkah baiknya jika anda juga membuat sebuah website yang memudahkan anda dalam melakukan monitoring serta dapat bekerja secara real-time. Para pelanggan atau konsumen bisnis Anda bisa melihat dan berinteraksi dengan website. Mereka dapat lebih mudah untuk mengakses website sebab hamper semua orang mempunyai perangkat komunikasi yaitu komputer maupun smartphone.

Untuk Branded dan Meningkatkan kredibilitas

Dengan menggunakan website, maka tingkat kredibilitas Anda bisa naik serta dapat meningkatkan kepercayaan dari pelanggan. Dengan anda membuat sebuah website, bisnis dapat dinilai tingkat transparansi dan keseriusannya dalam memberikan pelayanan bisnis Anda. Semakin lengkap data atau informasi yang bias didapatkan pelanggan anda, maka website bisnis dapat memperoleh penilaian yang baik apabila bisnis yang dijalankan tersebut relevan dengan informasi yang disajikan pada website tersebut.

Meminimalkan Biaya Promosi

Saat ini, promosi secara konvensional harus segera Anda tinggalkan. Sebaiknya jangan lagi hanya mengandalkan promosi menggunakan brosur, iklan-iklan konvensional maupun media massa yang berbiaya mahal. Segi finansial juga haru diperhatikan dalam mengembangkan bisnis.

Banyak cara untuk melakukan promosi untuk bisnis anda namun tetap menghemat pengeluaran, salah satunya melalui website yang terbilang cukup terjangkau. Untuk memiliki website, Anda dapat menggunakan hosting murah dari Rumahweb dengan biaya mulai Rp. 99.000,-/setahun. Dengan biaya semudah itu, maka Anda bisa mengalihkan biaya untuk kegiatan yang lain sebagai penunjang bisnis anda.

Membuat website tidak hanya akan meningkatkan kredibilitas, namun juga akan memberikan efek positif bagi keuangan bisnis. Dengan adanya website ini, Anda dapat melakukan penghematan pembayaran iklan atau promosi karena setiap bentuk promosi bisa anda alihkan ke halaman website. 

Menyediakan Media Layanan Kepada Pelanggan

Pada masa new normal seperti ini sangat perlu untuk menyediakan layanan yang lebih mudah untuk pelanggan dan up to date. Disamping itu, dalam kehidupan new normal saat ini media juga sangat berpengaruh karena efek physical distancing dan perubahan pola perilaku konsumen. Itu sebabnya Anda perlu memiliki website agar dapat mengatasi permasalahan tersebut. Melalui website, setiap layanan pelanggan dapat menjadi satu jalur serta bisa membantu setiap pelaku bisnis dalam memanajemen data konsumen.

Penggunaan website juga dapat dimaksimalkan dengan menyediakan fitur petunjuk atau panduan bagi pelanggan sehingga pelanggan itu sendiri bisa menjawab permasalahan sederhana yang mereka hadapi. Media layanan pelanggan ini akan sangat berpengaruh bagi anda untuk mengembangkan bisnis ke arah yang lebih baik lagi.

Sebagai Media Menampilkan Portofolio

Selain dari produk atau jasa yang anda tawarkan, manfaat lainnya yang dapat Anda peroleh dengan memiliki website yaitu pelanggan juga akan dapat melihat prestasi ataupun portofolio yang dimiliki oleh anda maupun bisnis anda. Jika portofolio yang anda tampilkan pada website semakin banyak, maka peluang anda untuk mendapatkan pelanggan baru juga akan semakin besar. Disamping itu, Anda juga dapat menambahkan sebuah bukti pendukung agar pelanggan anda semakin yakin untuk memilih produk atau jasa yang Anda tawarkan melalui website anda.

Demikianlah beberapa manfaat yang akan Anda dapatkan dengan memiliki website untuk mengembangkan usaha di masa pandemi. Dengan anda membuat sebuah website, maka akan memberikan impact yang sangat besar dan dapat meningkatkan bisnis konvensional yang dijalankan.