6 Cara Alat SEO Dapat Membantu Anda Menjalankan Bisnis Anda

Guru SEO Orang-orang akan mengecewakan Anda.Terutama yang Anda pekerjakan.Mereka akan membuat kesalahan, kehilangan tenggat waktu, dan menyapa klien terbesar Anda dengan nama yang salah (kisah nyata).

Tidak peduli seberapa baik Anda mencoba mempersiapkannya, kesalahan tidak dapat dihindari, karena itu wajar bagi manusia untuk membuatnya. Inilah cara kita belajar.

Tetapi seperti yang sering terjadi pada wirausahawan muda, itu seharusnya tidak menghentikan Anda dari mendelegasikan tugas dan memperluas bisnis Anda.

Ketika Anda ingin semuanya sempurna dan coba lakukan sendiri, 24 jam sehari tiba-tiba menjadi tidak cukup.

Akibatnya, Anda bekerja sampai kelelahan, tetapi bisnis Anda tidak tumbuh karena Anda secara fisik tidak punya waktu untuk keputusan dan pengembangan strategis.

Di sinilah alat SEO menyerbu untuk menyelamatkan hari.

Bagaimana Alat SEO Dapat Membantu Bisnis Anda?

OK, Anda mungkin pernah mendengar bahwa alat SEO hari ini cerdas dan dapat menggantikan seluruh departemen pemasaran, mulai dari analisis hingga pelaporan. Tapi bukan itu yang ingin saya bicarakan.

Yang ingin saya tunjukkan kepada Anda adalah bagaimana menerapkan alat yang tepat dapat membantu Anda mengembangkan bisnis Anda. Ini dapat membantu Anda:

  • Tingkatkan penawaran Anda.
  • Bebaskan waktu Anda.
  • Temukan strategi dan peluang baru.
  • Dan, akibatnya, dapatkan lebih banyak uang.

Lagi pula, peningkatan keuangan mendukungnya lebih baik daripada yang lain, kan?

Jadi, mari kita bicara secara rinci tentang cara alat SEO dapat membantu Anda dalam menjalankan bisnis Anda.

1. Tingkatkan: Lakukan Lebih Banyak, Tambahkan Penawaran Baru, Upsell

Jika Anda seorang wiraswasta solo atau menjalankan agensi kecil, jumlah klien yang dapat Anda ajak bekerja pada suatu waktu terbatas.

Ilmuwan belum menemukan cara agar orang-orang berada di dua tempat pada saat yang sama (meskipun Facebook terus mengingatkan saya bahwa “misi Dolly” saya telah berhasil diselesaikan).

Namun, dipersenjatai dengan alat yang tepat, Anda dapat menyederhanakan dan mengotomatisasi proses SEO Anda, dan memecah tugas-tugas besar menjadi yang lebih kecil.

Misalnya, dengan bantuan BuzzSumo, Anda dapat menguraikan upaya pemasaran konten Anda menjadi beberapa tugas mandiri:

  • Analisis kompetitif.
  • Membuat topik konten baru.
  • Copywriting.

Jika Anda tidak siap untuk melakukan outsourcing dua tugas pertama – ini pasti harus diselesaikan oleh ahli strategi yang berpengalaman – yang terakhir dapat didelegasikan ke copywriter lepas.

Mengelola biaya dari peluang yang terlewat, akan dikenakan biaya jauh lebih sedikit daripada jika Anda menulis konten sendiri.

Dengan pendekatan ini, Anda dapat mencapai lebih banyak menghabiskan waktu lebih sedikit. Tetapi itu tidak hanya berarti mampu mengambil lebih banyak klien. Anda juga dapat meningkatkan layanan ke basis klien yang ada atau menambahkan penawaran baru ke portofolio Anda.

Menggunakan alat SEO memungkinkan Anda untuk menyediakan layanan yang jika tidak demikian akan membutuhkan banyak pekerjaan manual.

Lihat sendiri. Menambahkan audit situs ke portofolio Anda tidak terlalu rumit. Yang diperlukan hanyalah alat audit yang baik, templat pemikiran dan rekanan untuk mengisi rekomendasi berdasarkan jenis kesalahan yang diungkapkan.

Hal yang sama dapat dilakukan di bidang pemasaran online lainnya: riset pesaing, analisis kinerja pemasaran konten, pembangunan tautan, pemasaran media sosial, dan banyak lagi.

2. Menyelamatkan Anda dari Rutinitas Tugas Manual Berulang

Tugas manual yang berulang adalah tanah yang subur untuk kesalahan manusia, belum lagi membosankan dan menurunkan motivasi.

Ada banyak tugas seperti ini di SEO. Memeriksa SERP secara manual di bawah koneksi VPN (untuk meniru akses dari lokasi yang berbeda), mencoba menemukan tautan yang rusak – tanpa otomatisasi, ini adalah pekerjaan yang membosankan dan seringkali tidak mungkin dilakukan.

Berhentilah membuang waktu! Audit situs tunggal dapat memberi Anda data yang lebih akurat tentang, katakanlah, tautan yang rusak daripada seminggu menatap monitor Anda.

3. Luangkan Waktu untuk Analisis & Optimalisasi Proses

Untuk membangun bisnis yang sukses, Anda perlu terus mengoptimalkan proses kerja Anda dan menemukan cara baru yang lebih efektif untuk menyelesaikan sesuatu.

Tetapi inovasi membutuhkan waktu: menganalisis pasar, pesaing Anda, membuat strategi baru dan menerapkannya – itu sudah merupakan pekerjaan penuh waktu.

Ketika hari Anda ditumpuk dengan tugas-tugas rutin, Anda tidak akan dapat mendedikasikan waktu untuk optimasi.

Selain itu, banyak alat menunjukkan seberapa efektif Anda. Misalnya, alat audit situs apa pun akan menunjukkan kepada Anda seberapa efektif Anda mengatasi kesalahan pada situs web Anda.

Demikian pula, alat pelacak posisi akan menunjukkan seberapa cepat Anda bergerak ke top-10 atau top-3 dari hasil pencarian. Jika alat menunjukkan dinamika positif – voila!  Anda diselamatkan dari menyelam ke detail dan dapat mendedikasikan waktu Anda untuk sesuatu yang lebih mendesak.

4. Bantu Anda Menemukan Strategi Baru & Peluang yang Belum dimanfaatkan

Ketika Anda menjalankan bisnis Anda dengan cara tertentu untuk waktu yang lama, sulit untuk keluar dari gelembung dan mendapatkan perspektif baru.

Penelitian kompetitif adalah salah satu cara efektif untuk menghasilkan ide-ide strategis baru untuk bisnis Anda. Jika itu bekerja untuk mereka – mengapa itu tidak berhasil untuk Anda? Plus, brainstorming ide-ide baru untuk bisnis Anda lebih mudah ketika Anda dilengkapi dengan data pasar tambahan.

Alat analisis pesaing seperti SEMrush, SpyFu, SimilarWeb, dan Ahrefs dapat membuat Anda mengintip ke dapur pesaing Anda:

  • Dari mana lalu lintas mereka berasal?
  • Kata kunci apa yang mereka peringkatkan (padahal tidak)?
  • Siapa yang menautkan kembali ke situs mereka dan bagaimana Anda bisa memanfaatkannya?

Wawasan yang diperoleh dari penelitian kompetitif sangat penting untuk membangun strategi pemasaran digital yang kuat.

5. Kirim Laporan yang Terlihat Menarik ke Klien Anda

Pelaporan adalah salah satu bagian penting dari pekerjaan klien. Melalui laporan, Anda berkomunikasi dengan klien dan menunjukkan seberapa keras Anda bekerja untuk mereka.

Banyak pemasar melihatnya sebagai kejahatan yang perlu yang selalu menunggu mereka di ujung setiap akhir periode pelaporan. Menghabiskan satu hari penuh menempelkan angka dan menggambar diagram – kita semua pernah ke sana. Tetapi tidak harus seperti ini.

Banyak alat yang dapat mengotomatiskan proses pelaporan sampai pada titik di mana Anda tidak perlu lagi melakukannya sama sekali.

Ada banyak alat SEO yang mengotomatiskan pelaporan  (misalnya, SEMrush, Google Data Studio, Agency Analytics) dan dapat menjadwalkan pengiriman laporan melalui email, yang tidak mengharuskan Anda untuk mengangkat jari.

Di antara fitur-fitur lain yang disediakan oleh alat-alat ini adalah pelaporan label-putih dan kemampuan untuk berbagi akses ke proyek dengan orang lain di luar perusahaan Anda.

6. Dapatkan Visualisasi Yang Lebih Baik dari Analytics Anda & Dapatkan Wawasan Tambahan

Beberapa tahun yang lalu, ada rumor di web tentang tragedi Challenger. Dikatakan bahwa hal itu terjadi (terlepas dari alasan lain) sebagai akibat dari visualisasi data yang buruk.

Saya akan menyerahkan pengujian hipotesis ini kepada spesialis, tetapi satu hal tidak dapat dipungkiri: visualisasi data penting untuk pengambilan keputusan (bahkan jika Anda tidak bekerja untuk NASA).

Terlepas dari fitur berguna lainnya, alat SEO membantu Anda mendapatkan visualisasi yang lebih baik dari analisis Anda dan mendapatkan beberapa wawasan tambahan yang tidak dapat ditarik dari alat analisis asli.

Misalnya, semua alat pelacak posisi menunjukkan kepada Anda jenis halaman apa yang diberi peringkat berdasarkan kata kunci tertentu. Data tersebut tidak dapat ditemukan di Google Search Console , jadi wawasan ini jauh lebih sulit diperoleh tanpa instrumen tambahan.

Beberapa alat menampilkan kit visualisasi data yang unik. Halaman teratas SEMrush berdasarkan lalu lintas sangat berwawasan luas tetapi akan membuat Anda banyak waktu untuk berkumpul secara manual.

Konten teratas dengan jumlah tautan yang diperoleh dari Ahrefs adalah contoh bagus lain dari sumber wawasan yang digerakkan oleh visualisasi.

Comments