Cara Mengaktifkan Sponsorship untuk Mencapai Konten Pemasaran & Tujuan SEO

Pembicara Internet Marketing Ini adalah mimpi terburuk pemasar konten. Anda dipanggil ke rapat dan meminta masukan Anda ke dalam perjanjian sponsor. Mata Anda menyala tetapi segera memudar saat Anda diberitahu bahwa perjanjian itu 99 persen lengkap.

Anda tidak memiliki kesempatan untuk berkontribusi pada hak tetapi hanya tinggal memeriksa persetujuan kecil untuk memasukkan tautan di situs web properti yang disponsori.

Ini adalah pengalaman yang saya yakin banyak dari Anda akan temui atau dengar dalam waktu Anda bekerja pada pemasaran konten dan SEO.

Bekerja dengan mitra sponsor dapat dan seharusnya lebih dari ini, jadi mari selami cara memaksimalkan sponsor untuk membantu Anda mencapai tujuan pemasaran konten dan SEO Anda .

Teliti Aset & Akses Pihak Sponsor

Tautan situs web tersebut adalah minimum. Anda mendapatkan tautan dari situs web yang cenderung menjadi situs resmi dan yang tidak mungkin diperoleh pesaing Anda. Tetapi sebagai pemasar konten, kita perlu berpikir jauh lebih luas tentang peluang.

Intinya adalah bahwa jika dilakukan dengan benar mengaktifkan sponsor akan memberikan hasil pada skala yang hanya sedikit kegiatan yang dapat bersaing.

Sebelum kita masuk ke perincian, pentingnya menjadi bagian dari tim yang menghasilkan paket hak merupakan bagian integral dari kesuksesan Anda. Jika Anda bukan bagian dari percakapan, kemungkinan besar Anda akan diremehkan oleh aset dan akses yang disediakan untuk Anda.

Mengambil langkah lain kembali, menjadi bagian dari percakapan mengharuskan Anda untuk terus menginjili kebajikan pemasaran konten sehingga pengambil keputusan menyadari manfaatnya.

Meskipun artikel ini tidak akan menjelaskan secara terperinci tentang bagaimana melakukan ini, ini adalah contoh yang baik mengapa Anda harus mempromosikan nilai Anda kepada orang yang tepat . Bagi banyak orang, hanya ketika ada kesempatan yang melewatinya, mereka menyadari bahwa mempromosikan pekerjaan mereka bermanfaat.

Aset dan akses adalah dasar dari aktivasi sponsor yang sukses. Ini bisa berarti banyak hal, tergantung pada jenis sponsor dan mitra yang Anda sponsori, tetapi sering kali hal itu bermuara pada

  • Tiket
  • Barang dagangan
  • Akses ke lokasi unik (di belakang panggung, penggunaan stadion, dll.)
  • Akses ke orang-orang berpengaruh (bintang olahraga, selebriti, dll.)
  • Cakupan situs web
  • Promosi media sosial

Satu-satunya faktor yang sebagian besar tidak dapat diverifikasi pada tahap ini adalah berapa banyak setiap aset yang Anda butuhkan. Saran saya adalah terlalu melebih-lebihkan kebutuhan Anda karena tiga alasan:

  • Hal-hal yang Anda minta adalah biaya yang relatif rendah bila dibandingkan dengan hak penamaan yang merupakan bagian inti dari perjanjian – jangan khawatir tentang tuntutan Anda yang menggelembungkan keseluruhan biaya.
  • Pihak yang disponsori akan bernegosiasi dari apa pun yang Anda minta. Ini tidak bisa dihindari.
  • Apa pun yang tersisa setelah Anda mengalokasikan aset untuk rencana pemasaran Anda akan selalu menemukan rumah yang baik, apakah itu melalui hadiah staf, sumbangan amal, atau kompetisi lainnya.

Di samping aset berwujud ini, Anda juga akan mendapatkan akses ke aset tak berwujud properti yang disponsori, yaitu persepsi dan kedudukan budaya mereka di antara audiens target.

Ini akan menjadi dasar bagi strategi posisi dan nada suara Anda. Lebih lanjut tentang ini nanti.

Tentukan & Ukur Tujuan Komunikasi Merek

Acara sponsor tim, tim, dan kepribadian karena asosiasi itu dapat menciptakan dalam benak audiens. Setiap sponsor yang berhasil mentransfer nilai dan persepsi pihak yang disponsori ke merek.

Ini adalah tujuan dari setiap merek yang berinvestasi dalam sponsor . Konten bermerek adalah rute untuk memperkuat persepsi ini di benak audiens. Logo pada jersey tidak akan cukup.

Kunci untuk mengaktifkan sponsor dari perspektif konten bermerek adalah memutuskan nilai apa yang ingin Anda ekstrak dari mitra. Ini harus menjadi bagian dari proses seleksi sehingga seringkali ada sedikit pekerjaan ekstra yang harus Anda lakukan.

Selalu, merek ingin mentransfer sentimen tertentu dari mitra. Sebagai contoh:

  • Sebuah merek baru akan bermitra dengan perusahaan yang dapat dipercaya untuk memberikan kepercayaan.
  • Merek kecil akan bermitra dengan organisasi besar untuk memberikan kredibilitas.
  • Sebuah merek yang berusaha menjadikan dirinya lebih relevan bagi audiens yang lebih muda akan bermitra dengan orang-orang, acara, dan organisasi yang memiliki kedudukan dalam komunitas target.
  • Sebuah merek yang ingin menarik gaya hidup tertentu akan bermitra dengan properti yang menentukan gaya hidup itu.

Setelah sentimen ini disetujui, Anda berkomitmen untuk membuat konten dengan aset dan akses yang disediakan dalam kemitraan untuk meyakinkan audiens target bahwa merek juga mewujudkan sentimen itu.

Sebuah kata peringatan pada tahap ini:

Saat mengembangkan gagasan konten, Anda harus tetap setia pada apa yang otentik tentang merek dan menemukan cara agar sponsor dapat bertindak sebagai sarana untuk menyampaikan pesan ini. Orang akan melihat langsung melalui konten yang menggambarkan merek secara tidak realistis.

GoPro berhasil dengan aktivasi Real Madrid ini, produk mereka meningkatkan kisah tanpa mengganggu

Inilah sebabnya mengapa begitu banyak orang menemukan merek seperti Coca-Cola yang mensponsori acara olahraga. Sebagai merek besar, mereka lolos begitu saja tetapi itu bukan strategi untuk ditiru.

Meskipun tidak semua aktivasi harus menyampaikan sentimen ini (katakanlah hadiah tiket Twitter), efek keseluruhannya harus berupa perubahan signifikan atau jangka panjang atau penguatan persepsi merek dalam pikiran audiens target.

Terlalu banyak merek menyia-nyiakan hak sponsor mereka pada konten ‘di sini hari ini, pergi besok’ yang mungkin mendapatkan jutaan tampilan tetapi meninggalkan nol residu merek dalam pikiran audiens. Ini adalah opsi yang mudah tetapi tidak akan membantu Anda untuk mencapai perubahan yang diinginkan dalam persepsi pelanggan.

Gunakan studi pengangkatan dan sentimen merek untuk mengukur kemanjuran kampanye.

Anda ingin mencari tahu:

  • Sudahkah audiens target mengonsumsi konten?
  • Bagaimana mereka menemukannya?
  • Apa kesan mereka sebelumnya tentang merek?
  • Sudahkah konten mengubah kesan itu?
  • Bagaimana mereka akan menggambarkan merek kepada teman – bagus untuk mendapatkan pandangan asli dalam bahasa audiens tentang sentimen merek?

Cara optimal untuk melakukan ini adalah studi sebelum dan sesudah kampanye.

Mengukur perubahan dalam kesadaran dan sentimen akan memungkinkan Anda menilai apakah persepsi dan nilai properti yang disponsori telah ditransfer ke merek Anda. Setiap aktivasi sponsor harus bercita-cita untuk tujuan ini.

Sebuah Kata pada Posisi & Nada

Konten bermerek tidak seperti iklan tradisional. Meskipun Anda akan memahami hal ini, beberapa kolega akan melihatnya seperti iklan TV – hanya latihan dalam menciptakan kesadaran massa untuk merek tersebut.

Konten bermerek yang berhasil adalah murni editorial dalam nada dan gaya. Bekerja dengan mitra sponsor memberi Anda izin untuk masuk ke komunitas itu. Perlakukan dengan hormat dengan menyediakan konten yang diinginkan audiens.

Jangan bersaing untuk mendapatkan perhatian dengan mitra, sebaliknya bertujuan untuk meningkatkan pengalaman audiens dari mitra yang disponsori. Jika Anda dapat mencapai ini, maka Anda akan mendapatkan jauh lebih banyak sentimen positif dan akibatnya jauh lebih banyak keterlibatan.

Penerbit juga akan memahami dinamika ini. Jika Anda membuat konten yang mereka tahu akan dikonsumsi audiens mereka maka mereka akan jauh lebih bersedia untuk membawa konten dan memberikan tautan.

Mendapatkan yang Terbaik dari Sponsorship Menuntut Manajemen Hubungan yang Kuat

Hanya karena Anda telah menandatangani kesepakatan, bukan berarti kerja keras telah selesai. Dan sementara Anda mungkin menikmati manfaat dari meminta hak “biaya lebih rendah”, downside sekarang mulai terlihat.

Mari kita asumsikan kesepakatan itu sebagian besar dilakukan untuk hak penamaan (jersey, stadion, nama acara) akses yang Anda dapatkan adalah nomor dua.

Ini menghadirkan tantangan potensial karena Anda rekanan di pihak sponsor selalu akan memprioritaskan memberikan hak penamaan di atas dan di atas kebutuhan Anda.

Ditambah dengan ini adalah kemungkinan bahwa Anda adalah salah satu dari banyak merek yang memiliki perjanjian dan, yang terburuk, Anda mungkin tidak berada di tingkat teratas dari sponsor merek.

Intinya: bekerja dengan pihak yang disponsori sering kali bisa menjadi pertempuran. Lemparkan ke dalam campuran ketidakpastian yang diciptakan oleh bekerja dengan selebriti, olahragawan dan acara langsung dan Anda memiliki campuran kuat dari faktor-faktor yang dapat mengganggu bahkan rencana yang paling baik sekalipun.

Berikut ini cara mengurangi risiko-risiko tersebut:

  • Kembangkan tautan dekat dan rapat terstruktur secara teratur dengan manajer akun Anda.
  • Pastikan mereka tahu persis apa hak Anda. Anda akan terkejut betapa sering mereka tidak tahu apa yang disepakati dengan masing-masing merek.
  • Rencanakan kegiatan jauh hari sebelumnya dan anggap kalender pihak sponsor memiliki sendiri. Mengetahui kapan mereka akan sibuk atau saat-saat, ketika mereka cenderung memberikan akses ke bakat (misalnya, menjelang pertandingan besar), sangat penting.
  • Nilai risikonya. Saya dijadwalkan untuk merekam video dengan pemain sepak bola (sepak bola) tapi dia terluka sehari sebelumnya. Syuting direncanakan berdasarkan latar belakang dan skillet-nya sehingga kami tidak punya pilihan selain membatalkan. Selalu punya rencana cadangan.
  • Jadikan fase ideasi konten kolaboratif . Ini tidak hanya akan menghasilkan hubungan yang lebih terbuka tetapi juga mengurangi kemungkinan pihak yang disponsori memveto ide-ide Anda.
  • Tanyakan tujuan mereka dan pertimbangkan bagaimana rencana Anda dapat berkontribusi. Apa strategi keterlibatan mereka, konten apa yang paling cocok untuk mereka, bagaimana reaksi penggemar biasanya dan sebagainya.
  • Tanyakan tentang komunitas – penggemar bisa berubah-ubah! Pihak yang disponsori akan tahu bagaimana cara terbaik untuk mendekati fanbase dan topik-topik yang mungkin mengecewakan dan membangkitkan semangat mereka. Perhatikan saran ini.
  • Bagikan hasil dan keberhasilannya . pihak yang disponsori akan ingin tahu bagaimana reaksi terhadap konten, jika hanya dari sudut pandang perlindungan merek. Bagikan pembaruan rutin dan selalu nyatakan keberhasilan sebagai upaya tim.

Rekan Anda akan melindungi aset yang disediakan – dan dengan alasan yang bagus.

Dengan bekerja keras untuk memahami merek dan tujuan keterlibatan mereka, tekanan yang mereka hadapi, dan seluk-beluk bekerja dengan organisasi yang dihadapi publik, Anda akan memastikan bahwa Anda mendapatkan dukungan penuh mereka.

Cara Memaksimalkan Peluang Akuisisi Tautan

Banyak dari Anda tidak hanya akan mengerjakan konten bermerek tetapi juga bertanggung jawab untuk tujuan SEO. Mari selami cara yang lebih praktis untuk memanfaatkan sponsor untuk menghasilkan tautan.

Manfaat inti SEO dari sponsor utama adalah bahwa ia membuka peluang penjangkauan yang tidak akan muncul atau akan sangat sulit dicapai tanpa sponsor.

Jika Anda bekerja pada sponsor utama dengan kekuatan bintang maka Anda juga memiliki peluang untuk meningkatkan akuisisi tautan ke level yang tidak pernah bisa dicapai oleh penjangkauan manual.

Sederhananya, strategi yang berhasil memanfaatkan sponsor akan memberikan tautan yang sangat bernilai dalam jumlah yang relatif besar. Saya berpendapat ini adalah situasi pamungkas bagi setiap praktisi SEO.

1. Pilih Format Konten Anda dengan Bijak

Skala berada dalam jangkauan tetapi hanya jenis skala konten tertentu. Format yang dapat dibagikan sangat penting (dan perlu untuk efek virus apa pun). Ini cocok untuk dua format utama:

  • Video:  Format paling mudah untuk didistribusikan dalam skala. Memasukkan video dengan mitra media utama dan mendorong saham di media sosial adalah alat yang harus dimiliki dalam strategi amplifikasi Anda.
  • Konten interaktif: Tempatkan mekanisme viral di jantung konten interaktif seperti email ke teman Anda dan bagikan skor / hasil Anda di media sosial. Gunakan aset sponsor lainnya seperti tiket dan barang dagangan sebagai hadiah untuk mendorong berbagi.

2. Pelajari Bagaimana Konten Biasanya Diseminasi Dari Properti yang Disponsori

Bekerja dengan organisasi besar seperti tim olahraga memungkinkan Anda melihat bagaimana berita mengalir melalui internet. Tujuan Anda adalah untuk memahami bagaimana rilis dan penyebaran konten berfungsi untuk organisasi itu dan kemudian mencoba mereplikasi pola ini ketika mendistribusikan kampanye konten bermerek Anda.

Seringkali wartawan akan ditugaskan ke organisasi tertentu. Cari tahu siapa orang-orang ini dan kenali mereka.

Mitra harus dapat memberi Anda akses ke orang-orang ini. Prinsip yang sama harus diterapkan pada fandom yang mengelilingi pasangan.

Seringkali influencer profesional atau semi-profesional komunitas akan terbentuk di sekitar organisasi. Ambil sebagian besar situs penggemar Apple sebagai contoh.

Hubungan sangat penting. Cara terbaik untuk membangun hubungan itu dan mengembangkan pemahaman quid pro quo adalah dengan menawarkan aset dan akses yang tidak dapat diakses oleh influencer dan jurnalis ini.

Sebagai contoh, banyak jurnalis olahraga berjuang untuk mendapatkan waktu bersama para pemain. Tawarkan ini kepada mereka dan mereka akan jauh lebih bersedia untuk membagikan konten bermerek Anda ketika saatnya tiba.

Mungkin mitra merilis semua berita mereka dari situs web mereka sehingga menjadikannya “pergi ke” tempat bagi audiens dan media untuk mengambil cerita baru. Jika itu yang terjadi maka situs web mitra menjadi tempat yang bagus untuk mengunggah konten Anda.

3. Memahami Bagaimana Audiens Mengkonsumsi Media

Ketika mengembangkan strategi penjangkauan, penting untuk memahami di mana audiens tinggal online.

Mari kita ambil contoh sepakbola (soccer) dan esports. Percakapan sepakbola sangat banyak terdapat di situs web berita besar, blog tim, Twitter, dan Facebook. Untuk esports, penonton cenderung ke Twitch, Reddit, dan YouTube.

Mengetahui hal ini sangat penting untuk rencana distribusi Anda.

Walaupun amplifikasi sosial tidak secara langsung memberi Anda tautan yang Anda targetkan, ia akan mendapatkan konten di depan audiens yang tepat yang pada gilirannya akan berarti wartawan dan blogger yang membawa konten di situs web mereka sendiri.

Hal penting yang perlu dipahami di sini adalah bahwa tidak ada yang peduli dengan apa yang dilakukan atau dikatakan oleh merek, tetapi semua orang dalam komunitas sangat tertarik dengan apa yang dilakukan oleh mitra / tim / acara atau orang yang disponsori dan oleh karena itu jauh lebih mungkin untuk mempublikasikan konten yang relevan. .

4. Rencanakan Aktivasi Sekitar Paku Musiman

Minat pada mitra sponsor Anda akan mencapai puncak dan palung sepanjang tahun. Gunakan informasi ini untuk merencanakan aktivasi kampanye.

Kampanye harus diluncurkan di dan sekitar lonjakan besar yang menarik yang secara alami akan terjadi. Permintaan mendorong perhatian yang membuka kemungkinan lebih banyak penjangkauan dan menghubungkan peluang akuisisi.

Misalnya, jika Anda mensponsori festival musik, maka wajar bagi Anda untuk mengaktifkan sekitar rilis tiket, pengumuman line-up dan melalui festival itu sendiri (sebelum, selama dan setelah).

Apa pun jenis sponsor yang Anda aktifkan, ada beberapa prinsip yang dapat Anda ikuti untuk mengamankan tautan:

  • Membuat ‘Saat-saat yang menyenangkan’ : Setiap lonjakan adalah cerminan dari semangat komunitas. Anda berada dalam posisi istimewa untuk menawarkan pengalaman luar biasa kepada mereka. Pertimbangkan pengalaman utama bagi komunitas di saat-saat ini, lalu buat kampanye di sekitarnya.
  • Eksklusivitas : bernegosiasi dengan pihak yang disponsori untuk memungkinkan merek menyampaikan berita. Lepaskan ini melalui saluran Anda sendiri dengan konten eksklusif di situs web Anda agar orang-orang dapat menautkan ke ATAU meneruskan eksklusif ke mitra media dengan imbalan tautan.
  • Akses : memberikan akses langsung kepada produsen konten yang berpengaruh yang tidak bisa mereka dapatkan adalah cara yang pasti untuk memenangkan teman dan tautan. Untuk sponsor olahraga yang bisa menjadi kesempatan untuk bertemu tim. Di satu merek saya bernegosiasi untuk sekelompok kecil influencer untuk bepergian dengan tim dalam perjalanan jauh. Mereka hanya senang memberikan tautan sebagai imbalan.

5. Negosiasikan Akses untuk Distribusi

Ketika saya bekerja pada sponsor olahraga utama, salah satu taktik kami ketika meluncurkan kampanye konten adalah bernegosiasi dengan penerbit untuk mengambil konten (dan tautan) dengan imbalan akses eksklusif ke para pemain dan manajer tim.

Awalnya, kami menyematkan video dalam wawancara berikutnya, tetapi ketika strategi kami berkembang, kami menyadari bahwa banyak penerbit nasional telah memesan bagian situs web untuk pemirsa yang berorientasi media sosial. Seringkali ini akan menjadi tempat untuk melihat video viral terbaru.

Jauh lebih efektif untuk tidak menanamkan dalam artikel wawancara. Alih-alih, kami menempatkan video di dalam microsites sosial ini karena kontennya menjangkau audiens yang tepat dan secara alami akan mencapai jangkauan sosial yang jauh lebih besar.

6. Target Publikasi Pers Top-Tier

Mengamankan liputan pers nasional sangat mungkin dilakukan. Judul-judul ini haus konten karena model pendapatan mereka bergantung padanya. Ini untuk keuntungan Anda.

Mereka ingin mempublikasikan video karena mereka dapat menayangkan iklan pra-putar dan mencapai tingkat iklan yang lebih tinggi daripada penempatan iklan bergambar standar.

Sebagian besar publikasi media tidak menghasilkan video sendiri sehingga mereka bergantung pada merek untuk menghasilkan dan berbagi konten. Mereka akan meng-host video di platform video mereka sendiri untuk memungkinkan mereka menayangkan iklan.

Jangan biarkan ini menghentikan Anda dari berbagi video. Ini tidak akan berdampak negatif pada sasaran Anda. Jika ada, Anda dapat menggunakan ini sebagai leverage untuk mengamankan semua tautan penting itu.

Terakhir, jangan meremehkan efek cascading konten penyemaian untuk publikasi tingkat atas. Situs web yang lebih kecil akan dengan cepat mengambil cerita dan menerbitkan versinya sendiri.

7. Follow Up on Liputan Media

Meminta penerbit untuk mengonversi sebutan ke tautan adalah unsur penting dari kampanye SEO yang dijalankan dengan baik. Ini akan terbukti benar terutama untuk aktivasi sponsorship karena brand menyebutkan akan melonjak ketika kemitraan diumumkan kepada publik.

Kedua, jika konten Anda menjadi hit maka secara alami akan diambil oleh jurnalis. Tanpa kontak sebelumnya dengan jurnalis ini, Anda tidak akan memiliki kesempatan untuk meminta tautan.

Ada banyak layanan seperti Brandwatch atau Mention yang akan memberikan laporan berkala tentang semua penyebutan merek terbaru (jangan lupa mencantumkan nama kampanye konten bermerek Anda dan pihak yang disponsori sebagai penerbit sering menghilangkan nama merek).

Jalankan laporan secara teratur dan sertakan garis penjangkauan baru ini ke dalam proses reguler Anda untuk mengekstraksi lebih banyak nilai tautan.

8. Maksimalkan Ekuitas Tautan

Banyak aktivasi sponsor diunggulkan dari halaman arahan di domain merek. Ini adalah pendekatan yang masuk akal tetapi membuat Anda memiliki beberapa hal untuk dipertimbangkan.

Jelas, tujuannya bukan untuk memberi peringkat konten kampanye. Tujuannya adalah untuk meningkatkan tautan yang dihasilkan untuk meningkatkan peringkat halaman yang penting secara komersial.

  • Jangan gunakan microsite pada domain baru atau sub-domain – banyak merek masih membuat kesalahan ini.
  • Duduk konten di root domain misalnya, example.com/awesome-content-campaign/.
  • Tautan ke halaman komersial Anda dengan jangkar teks yang sesuai dari dalam tubuh halaman.
  • Seringkali kampanye yang dipimpin merek menghasilkan tautan beranda – seperti di atas, pastikan halaman tersebut terhubung ke halaman komersial target (ini adalah taktik yang harus digunakan secara permanen tidak peduli apakah Anda secara aktif membangun tautan).

Dengan menempatkan tindakan sederhana namun mendasar ini, kampanye akan jauh lebih efektif untuk meningkatkan peringkat dan menghasilkan laba komersial.

Pengambilan Kunci

Aktivasi konten bermerek yang sukses bergantung pada positioning mitra merek yang tepat dan strategi distribusi yang cerdas. Dapatkan keduanya dengan benar dan Anda akan mencapai tujuan merek dan SEO.

  • Menjadi pusat negosiasi kontrak. Rencanakan ke depan untuk memastikan Anda memiliki aset dan akses yang Anda butuhkan.
  • Bersikaplah ambisius dengan tuntutan Anda. Mereka akan berbiaya rendah dan berdampak tinggi.
  • Pastikan olahpesan konten Anda memanfaatkan nilai dan kedudukan budaya mitra untuk menceritakan kisah tentang merek Anda. Anggap saja sebagai ‘branding dengan osmosis’.
  • Buat konten yang diinginkan audiens pihak yang disponsori bukan konten yang mengarah dengan pesan merek promosi. Editorial, bukan advertorial.
  • Teliti bagaimana konten tentang pihak yang disponsori menyebar dan di mana itu dikonsumsi.
  • Bangun hubungan dengan jurnalis yang ditugaskan dan produsen konten komunitas utama untuk mengunggah konten Anda.
  • Manfaatkan aset dan akses untuk meningkatkan tingkat keberhasilan penjangkauan Anda.
  • Mengukur perubahan kesadaran dan sentimen sebelum dan sesudah kampanye.

Dengan menggunakan daftar ini sebagai daftar periksa tingkat tinggi, Anda dapat memastikan bahwa strategi Anda mendapatkan hasil maksimal dari perjanjian sponsor dan memberi Anda kemampuan untuk mengamankan cakupan dan tautan “uang tidak dapat membeli” berkualitas tinggi.